Pendri Guchi

Yul Pendri. Guru SDN 26 Kota Jambi Lahir di pojok negeri yang jauh dari keramaian, tepatnya di sebuah desa kecil yang terletak di kecamatan Lubuk Basung Kabupa...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hyperdocs. Webinar PPIJ ke 19

Hyperdocs. Webinar PPIJ ke 19

#Tantangan_Menulis_Day111

Hari ini merupakan pelaksanaan workshop PPIJ secara online melalui daring. Kegiatan ini adalah bagian dari program dan agenda rutin yang dilaksanakan oleh organisasi Pendidik Penggerak Indonesia Jaya (PPIJ). Mekipun masih terbilang organisasi baru, namun tekat dan niat serta kerja keras guru-guru milenial yang tergabung di dalamnya membuat PPIJ patut dijadikan salah satu wadah untuk upgrade diri dan pengetahuan sebagai peningkatan kualitas dan kompetensi diri dalam menjalankan tupoksi sebagai guru.

Kegiatan berlangsung lebih kurang satu setengah jam, dimulai dengan pembukaan oleh host, dipandu oleh moderator, dan dilanjutkan paparan materi oleh narasumber mengenai hyperdocs. Disesi akhir adalah tanya jawab dan diskusi bersama untuk memahami tentang apa dan bagaimana dari paparan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Bertindak selaku host adalah finalis gupres nasional provinsi Aceh sekaligus pengurus di PPIJ. Kepiawaian beliau dalam membuka kegiatan sungguh luar biasa. Kemampuan public speaking nya sudah tidak diragukan lagi. Seorang guru SD percontohan di Aceh ini mampu memukau dan memberikan kesan pertama yang begitu menggoda.

Selanjutnya kegiatan dipandu oleh moderator yaitu saya sendiri. Berbekal pengalaman dari berbagai kegiatan, termasuk sesi pembantaian yang saya lewati dari Media Guru Indonesia, Alhamdulillah bisa mencairkan suasana selama paparan materi dan sesi tanya jawab dari narasumber.

Sesi terpenting dalam kegiatan ini adalah upgrade pengetahuan dari paparan materi oleh narasumber hebat. Beliau adalah seorang kepala sekolah swasta di Jakarta. Memiliki segudang prestasi yang cukup mumpuni, sehingga mampu membuat mata tidak berkedip selama paparan materi dari nya. Beliau adalah ibu Irma Nurul Fatimah.

Materi yang beliau sampaikan sungguh luar biasa. Pemahaman dan kemampuannya menyampaikan materi, membuat semua peserta terpukau dan termotivasi untuk segera mempraktekkan dalam hal membuat hyperdocs sesuai kebutuhan di sekolah masing-masing. Hyperdocs sangat memungkinkan dan terbilanv sangat mudah dibuat sebagai lesson plan, learn activity, atau sekaligus sebagai bahan belajar bagi siswa.

Hanya dengan memanfaatkan google document dan google slide, guru bisa merancang rencana kegiatan, bahan ajar, sekaligus lembar aktivitas siswa dalam satu lembar. Jika melihat manfaatnya, hyperdocs sangat tepat sebagai solusi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Karena selain online, hyperdocs juga bisa digunakan secara offline. Jika ini dikembangkan, tentu bisa dijadikan salah satu solusi yang efektif digunakan saat PJJ. Tidak hanya meringankan beban kerja guru secara administrasi, namun juga bisa memudahkan siswa dalam menggali pengetahuan dengan sumber belajar yang menyenangkan.

Begitu menarik dan mengasyikkan, sehingga waktu satu setengah jam tidak terasa berlalu begitu cepat. Dengan menyisakan penasaran yang luar biasa, kegiatan ini mampu memotivasi semua peserta untuk terus belajar hingga menghasilkan produk dari workshop PPIJ ini. Tidak hanya sebatas pertemuan virtual, kegiatan berlanjut melalui WAG khusus, sehingga semua peserta diharapkan mampu menghasilkan produk dengan memanfaatkan hyperdocs.

Bagi bapak ibu dimana saja berada yang ingin menyaksikan paparan materi saat workshop PPIJ dengan tema hyperdocs, bisa menyaksikan ulang di channel YouTube PPIJ sebagaimana yang terlampir di reportase ini.

Semoga bermanfaat

🙏

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post