PESTA LIANA SILALAHI

Saya seorang guru biasa yang ingin menjadi guru luar biasa namun tak binasa...

Selengkapnya
Navigasi Web
ANEKA RAGAM BUDAYA (Tantangan ke 22)
ANEKA RAGAM BUDAYA

ANEKA RAGAM BUDAYA (Tantangan ke 22)

ANEKA RAGAM BUDAYA

Indonesia wilayah yang terbentang sangat luas. Wilayah tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke. Wilayah yang cukup luas memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Indonesia terkenal sebagai Negara tropis yang memiliki hutan yang lebat, sebagai paru-paru dunia. Saat ini banyak hutan di Indonesia mengalami penggundulan. Serta terjadi pembakaran lahan yang dekat dengan hutan mengakibatkan hutan pun ikut terbakar. Kegiatan pembukaan lahan merupakan tindak kriminal. Pemerintah telah memberikan undang-undang perlindungan kepada hutan sebagai hutan yang dilindungi.

Indonesia pun terkenal sebagai Negara maritime dengan memiliki laut yang luas. Kekayaan alam yang berada di laut sangatlah diperlukan oleh Negara-negara yang ada di dunia. Sering kali adanya pencurian di laut Indonesia oleh para nelayan asing seperti Thailand, Singapur, India, Jepang, Cina, Hongkong dan lain-lain. Pemerintah tidak dapat membendung pencurian tersebut karena kurangnya alat yang canggih untuk menditeksi. Mungkin saja tidak berani untuk melawan karena sudah ada undang-undang yang disepakati oleh kedua belah pihak. Seandainya kurang dalam peralatan maupun manusia, pemerintah dapat memperdayakan nelayan sekitar untuk melawan pencuri ikan. Tapi sebaiknya pemerintah menambah ketat pengawasan diperairan Indonesia untuk melindungi semua kekayaan laut yang dimiliki. Begitu luasnya laut Indonesia sehingga tidak dapat dipantau dengan menggunakan alat yang ala kadarnya.

Indonesia pun kaya akan keberagaman. Budaya di Indonesia begitu sangat beragamnya. Beragam suku, bahasa, pakaian, makanan, tarian, lagu, desain rumah, bahkan cara mengasuh pun pasti berbeda. Dari suku Batak, suku Minang, suku Dayak, suku Anak Pedalaman, suku Asmat dan lain-lain, merupakan nama beberapa suku yang di miliki di Indonesia, masih banyak lagi suku-suku di Indonesia yang tak mungkin disebutkan satu persatu. Dengan banyaknya suku maka perkembangan budaya pun pasti berkembang. Baik dalam tata bahasa yang digunakan sebagai komunikasi maupun pakaian. Makanan tiap daerah pun memiliki keberagaman dari cara memasak sampai cara penyajiannya. Walau yang dimasak dari bahan yang sama dengan rempah-rempah unik yang hanya ada di daerah tersebut. Sebagai contoh bumbu ayam betutu yang ada di Bali pasti akan menggunakan rempah yang unik berasal dari Bali tentunya. Sumatra Barat memiliki makanan yang paling terkenal adalah rendang. Pastinya bumbu pedas racikan khusus dari Minang. Contoh lainnya ikan mas arsik yang berasal dari Sumatra Utara pasti akan menggunakan andaliman sebagai bumbu khas yang tentu saja rasanya unik. Rasa unik yang dimiliki ada rasa getir pada lidah. Rujak jingur yang menggunakan moncong sapi sebagai bumbu teruniknya dalam campuran berbagai buah yang pastinya ada rasa segar yang dapat kita rasakan. Pempek merupakan makanan tradisonal yang berasal dari Sumatra Selatan. Pempek memiliki bumbu kecap dengan ebi serta racikan khusus dari Palembang. Tidak hanya pada makanan budaya pakaian tradisonal pun sangat terkenal. Songket baju/ sarung tradisional yang berasal dari Palembang ada juga yang berasal dari Padang. Harga satu songket tergantung kualitas pada benang emasnya yang dipergunakan. Biasanya harganya kurang lebih Rp. 2.500.000-Rp. 50.000.000. betapa mahalnya untuk harga songket. Baju/ sarung tersebut dipakai oleh para bangsawaan pada jaman dulu. Pada saat sekarang pun masih dipergunakan. Harga mahal pada pakaian tersebut menunjukkan tingkat ekonomi yang mapan ketika seseorang memakainya.

Indonesia memiliki tarian baik yang menghibur, menyambut tamu maupun untuk kegiatan yang sakral. Tentu saja tarian tersebut pasti berkembang. Anak muda sekarang hanya akan menarikan tarian modern yang bukan berasal dari Indonesia seperti balet dan salsa. Mereka berfikir tarian tersebut merasa kekinian. Padahal tarian Indonesia begitu beragamnya serta unik. Tarian biasanya diiringi oleh musik yang tentu saja khas dari tiap daerah. Alat musik yang digunakan pun pasti berbeda serta unik. Ada yang menamakan talempong yang berasal dari Minang, ada juga alat musik kolintang dari Sulawesi. Sasando alat musik yang berasal dari NTT, masih banyak nama-nama alat musik yang dimiliki di Indonesia.

Indonesia memiliki keberagaman. Mari kita rawat serta menjaga aneka ragam budaya khas nusantara, sebagai ciri khas suatu bangsa akan tingginya budaya yang dimiliki. Bangsa yang beradab adalah bangsa yang menjunjung tinggi adat istiadatnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post