PESTA LIANA SILALAHI

Saya seorang guru biasa yang ingin menjadi guru luar biasa namun tak binasa...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN (Tantangan hari ke 6)
TANTANGAN

TANTANGAN (Tantangan hari ke 6)

TANTANGAN

Manusia hidup di dunia merupakan suatu anugrah yang tak ternilai. Anugrah yang diberikan tertuang dalam kehidupan berkeluarga, berteman serta berinteraksi dengan semua orang yang ada. Ketika kita berinteraksi dengan manusia satu dengan yang lainnya akan ada reaksi serta respon dalam berkomunikasi. Seiring dengan adanya reaksi serta respon akan mendapatkan suatu kendala dalam segi tata cara berkomunikasi. Ada ilmu dalam tata cara berkomunikasi, tidak semua orang memahami, akan menjadi suatu masalah apabila sudut pandang dalam penerimaan komunikasi ada yang berbeda. Di sinilah kita dituntut untuk dapat bertutur kata yang sesuai dengan keadaan serta kondisi yang ada. Kadangkala kita tidak memahami gerak tubuh sebagai tanda tersendiri dalam berkomunikasi. Contoh ketika kita di berikan senyuman yang tulus akan terpancar dari muka yang berseri-seri. Adapula senyuman yang miris hanya sekedarnya yang penting terlihat senyum walau mungkin hatinya tak rela atau ada kejengkelan. Ada juga senyum yang sinis ketika mengetahui sesuatu yang menurutnya biasa saja. Betapa banyaknya hanya dari senyuman bagaimana dengan gerak mata yang dapat dijadikan gerakkan tubuh dalam berkomunikasi? Pasti akan banyak uraian dari kedipan mata, mata binal, mata keranjang, mata mupeng istilah kekinian bagi anak remaja jaman now.

Perbedaan pendapat akan sesuatu hal merupakan tantangan. Mengapa sebagai tantangan ketika kita berbeda pendapat? Tantangan dalam tata cara berkomunikasi yang baik pada saat menyampaikan pendapat haruslah tepat serta lugas. Tata cara penyampaian pendapat dalam segi komunikasi perlu dipahami, sehingga tidak menyakiti satu dengan yang lainnya. Tujuan dari tata cara tersebut untuk memberikan suatu jalur supaya tidak terjadi masalah dalam penyampaian maksud dan tujuannya. Sehingga dapat diterima kedua belah pihak, tanpa harus mengorbankan kehidupan. Hidup pun merupakan tantangan. Tiap orang akan mendapatkan tantangan yang berbeda setiap harinya.

Anak TK akan mendapatkan tantangan ketika masuk ke dalam kelas tanpa harus didampingi oleh mama, papa nya. Anak SD akan mendapatkan tantangan ketika mulai mengeja maupun menuliskan huruf untuk namanya. Anak SMP memiliki tantangan tersendiri ketika dia harus mengambil keputusan dalam memilih teman yang baik bagi dirinya. Anak SMA pun memiliki tantangan tersendiri ketika menghadapi guru yang agak kejam.

Guru pun memiliki tantangannya tersendiri yakni mencerdaskan anak bangsa, meningkatkan karirnya, bahkan melanjutkan pendidikkannya demi meningkatkan dirinya yang berhadapan dengan generasi penerus Bangsa. Dokter memiliki tantangan bagaimana orang akan selalu hidup walaupun memiliki penyakit. Supir memiliki tantangan membawa orang selamat sampai di tempat tujuannya. Presiden pun memiliki tantangan yang amat sangat besar untuk melindungi rakyatnya, mensejahterahkan rakyatnya, memberikan kenyamanan kepada rakyatnya, bahkan menjaga kedaulatan Negara di antara Negara-negara yang ada di Dunia. Itulah beberapa profesi yang memiliki tantangan tersendiri. Profesi yang lainnya pun memiliki tantangan tersendiri. Tantangan yang begitu besar tanggung jawabnya.

Orang pria dewasa yang lainnya pun memiliki tantangan dalam memenuhi kebutuhan anggota keluarganya. Tidak hanya itu saja orang yang berada dirumah sakit dalam kondisi dirawat atau berjuang antara hidup dan mati pun memiliki tantangan tersendiri. Ibu yang sedang berjuang dalam melahirkan generasi berikutnya pun mendapatkan tantangan dalam melahirkan terlebih membesarkannya.

Ketika mendapatkan tantangan apakah kita dapat menyelesaikan dengan baik. Menyelesaikan segala sesuatunya merupakan tanggung jawab moral yang diemban masing-masing pihak. Tanggung jawab tersebut merupakan hal yang menjadi tugas utama dalam melakukan aktifitas bekerja. Sehingga kita dapat dikategorikan sebagai pemenang atau bahkan sebagai pecundang. Setiap orang ingin menjadi pemenang dalam setiap tantangan yang diberikan. Menjadi pemenang ada nilai tersendiri dalam menghargai pribadi tiap pribadi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post