Prawiro Sudirjo

Saya seorang pria dewasa kelahiran Cirebon, saat tahun dimana mahasiswa ITB berdemo menuntut kebebasan berbicara yang dikekang kala itu. setelah bermain di tam...

Selengkapnya
Navigasi Web
MAU JUARA? YA GURUSIANA
LOMBA GURU ASIA MENULIS DI GURUSIANA

MAU JUARA? YA GURUSIANA

MAU JUARA? YA GURUSIANA

Oleh Prawiro Sudirjo

Saat pertama dikenalkan dengan situs gurusiana.id, ada berbagai pertanyaan dalam benak saya. Apakah ini mirip Kompasiana? Ataukah seperti blog lainnya. Setelah terdaftar melalui program penulisan Sagusabu yang diselenggerakan Mediaguru, jelas sudah.

Gurusiana awalnya merupakan situs untuk latihan para peserta pelatihan menulis Sagusabu. Karena makin banyak guru yang menulis dan tertantang untuk tayang di situs gurusiana. Makin banyak guru yang ketagihan untuk menulis di sana. Baik itu berupa opini, liputan, esai bahkan yang curhat berupa puisi dan syair.

Dari hasil latihan menulis di gurusiana, saya kumpulkan lalu saya satukan sesuai tema. Kebetulan tulisan saya tentang liputan mengikuti berbagai kegiatan berbagai komunitas seperti komunitas jelajah sejarah, komunitas orang kidal dan komunitas blogger. Dari catatan-catatan itu saya tuangkan dalam artikel di gurusiana. Setelah terkumpul ternyata lumayan banyak. Cukup untuk menjadi sebuah buku bila disatukan.

Alhamdulillah terasa bergetar hati ini saat Pak Ihsan CEO Mediaguru yang biasa kita panggil Komandan. Menyebutkan judul buku saya dan memanggil nama saya naik ke atas panggung di acara Gebyar Mediaguru. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, buku karya perdana saya diluncurkan bersama teman-teman guru se-Indonesia di Aula Kemendikbud Jakarta.

Judul buku saya itu “Guru Medsos masuk TV” berisi kumpulan catatan perjalanan saya saat menghadiri berbagai acara komunitas. Awalnya saya tulis dulu di Gurusiana lalu dikumpulkan menjadi buku. Seperti yang Pak Ihsan bilang pada suatu sambutan :”Sehari menulis di Gurusiana, Setahun menjadi buku”, “Gurusiana dulu, menjadi buku kemudian”.

Buku itu pula yang mengantarkan saya aktif di berbagai komunitas literasi baik tingkat kabupaten, provinsi Jawa Barat bahkan nasional. Oleh Kabupaten Bekasi saya mendapat piagam penghargaan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan. Dari program WJLRC Provinsi saya mendapat Piagam Penghargaan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sedangkan di tingkat nasional saya mendapat piagam sebagai Pelopor Literasi oleh Penerbit Mediaguru. Selanjutnya saya dipercayai untuk menjadi narasumber di berbagai kegiatan literasi seperti oleh IP3L Jawa Barat dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi. Serta didapuk untuk menjadi juri di berbagai lomba tingkat kabupaten, yaitu antara lain Lomba Duta Anak 2020 oleh Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Bekasi, Festival Literasi 2019 Dinas Pendidikan, Lomba Esai Sejarah Dinas Arsip dan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

Demikianlah gurusiana telah mengantarkan saya menjadi juara. Mau jadi Juara? Menulislah di Gurusiana.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap.

11 Jun
Balas

haturnuhun Kang Yudi

11 Jun

haturnuhun Kang Yudi

11 Jun

haturnuhun Kang Yudi

11 Jun

Mantap Pak Prawiro..testimoni yang menggetarkan dan menjadikan inspirasi bagi guru yang lain..salut dan salam hormat

11 Jun
Balas

Terimakasih Pak Eko

11 Jun

Terimakasih Pak Eko

11 Jun

sama sama, pak

12 Jun

Keren pak...selamat dan sukses selalu...aamiin

11 Jun
Balas

Terimakasih Bu Yuli

11 Jun

Judul buku saya itu Guru Medsos masuk TV berisi kumpulan catatan perjalanan saya saat menghadiri berbagai acara komunitas. Mantap pak . Bukunya.

11 Jun
Balas

Terimakasih Pak Haji

11 Jun



search

New Post