Pupung Safuro

Menulis bagian dari refleksi diri bagi saya, seorang yang diamanahi sebagai pendidik di SMAN 48 Jakarta. Mencoba menjadi sosok yang bermanfaat agar menjadi seba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Antara Rencana dan Realisasi

Antara Rencana dan Realisasi

TMG hari ke 201

Antara Rencana dan Realisasi

 

Hari ini berlangsung mid test hari ke-2. Untuk dapat mewujudkan berjalannya mid test sudah melampaui beberapa tahapan, sebutlah mulai dari rencana, pengorganisasian personil yang akan mengawal midtest hingga beberapa kali koordinasi. Sungguh diluar dugaan saat hati pertama lancar dua sesi testnya, hari ke dua malah hanya bisa berjalan satu sesi, selanjutnya server benar benar error. Akhirnya pimpinan memutuskan mereschedule midtest di minggu depan.

Sudah diagendakan tepatnya to do list dalam sepekan 2 kali olah raga  walaupun hanya 30 menit. Berkomitmen untuk menjaga kesehatan, namun pada kenyataannya ada saja halangan untuk mewujudkan agenda tersebut. Apalagi kaitannya dengan urusan pekerjaan selama WFH yang kadang lebih dari 8 jam kerja penyelesaiannya.  Itulah contoh kecil bagaimana sebuah rencana sudah ditentukan, serta realisasi yang terjadi.

Sebuah rencana alangkah indahnya bila dapat diwujudkan. Perlu hal-hal yang dipertimbangkan saat menyusun rencana, sehingga kemungikinan melesetnya tidak terlalu jauh. Dalam ilmu manajemen ada prinsip 5W + 1H dalam proses penyusunan rencana, yaitu what, why, when, where, who dan how. Perlu ada jawaban pasti untuk kelima pertanyaan tersebut. Ditambah lagi menyusun rencana tidak hanya satu, sebutlah planning 1 dan planning 2. Rencana yang kedua ini sebagai antisipasi jika ada kegagalan di rencana pertama. Hal lain yang tidak bisa dipisahkan agar sebuah rencana terwujud adalah, sertakan Allah SWT, di awal, di proses dan di akhir. Semoga semua rencana bisa terealisasi sesuai harapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post