Pupung Safuro

Menulis bagian dari refleksi diri bagi saya, seorang yang diamanahi sebagai pendidik di SMAN 48 Jakarta. Mencoba menjadi sosok yang bermanfaat agar menjadi seba...

Selengkapnya
Navigasi Web
MATI LAMPU

MATI LAMPU

TMG hari ke 189

MATI LAMPU

 

Listrik sudah menjadi kebutuhan hidup yang utama. Hampir semua aktifitas keseharian manusia tidak lepas dari tenaga listrik. Contoh lingkup terkecil adalah aktifitas rumah tangga.

Paling utama listrik sebagai alat penerang saat malam datang, dengan penerangan ini aktifitas yang dilakukan di malam hari bisa berlanjut. Selain itu alat-alat rumah tangga, elektronik, termasuk laptop dan handphone, nyawanya adalah tenaga listrik.

Hari ini sejak sore, listrik di perumahan mati. Sudah terbayang beberapa aktifitas terganggu. Tidur kegerahan, HP jika batereinya habis tidak bida diaktifkan, terputus sementara arus informasi. Untuk menulis di Gurusiana pun bersegera karena khawatir batereinya tidak bertahan lama. Bahkan aktifitas usaha yang biasa berjalan malam hari amat sangat terganggu. Sungguh sangat tinggi ketergantungan manusia pada tenaga listrik ini.  Apakah energi listrik akan tetap ada dan selalu memenuhi kebutuhan manusia? 

Akhir-akhir ini cost production untuk terciptanya tenaga listrik cukup tinggi, tentu saja berpengaruh pada harga per kwh yang ditanggung konsumen pengguna listrik. Maka tidak ayal lagi, jika tarif dasar listrik naik akan berpengaruh pada harga-harga beberapa produk, bahkan bisa jadi memicu inflasi.  Jika pada akhirnya kenaikan harga merembet ke berbagai kebutuhan pokok.

Sangat terasa betapa berharganya tenaga listrik saat mati lampu seperti ini, maka sebaiknya mulai sekarang berusaha untuk menghemat penggunaan listrik. Disaat mati lampu seperti ini pun jadi berterimakasih pada penemu listrik dan lebih bersyukur lagi pada Dzat Maha Pencipta sumber terciptanya tenaga listrik, air, gas alam, nuklir, uap. Bahwa kelancaran,  keuntungan, kesuksesan apa yang dinikmati salah satunya tidak bisa lepas dari tenaga listrik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat berliterasi semoga sukses selalu. Amin.

17 Sep
Balas

Tetep semangat meski lampu mati...salam sukses,bu

17 Sep
Balas

Tulisan yang kreatif serta informatif .. salam literasi ya Pak

17 Sep
Balas



search

New Post