Puput Riza

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

BEST PRACTICE PUPUT TRI RIZA UMAMI

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star

(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

MTs Al Mawaddah 2 Blitar

Lingkup Pendidikan

MTs/SMP

Tujuan yang ingin dicapai

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MATERI RECOUNT TEXT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

Puput Tri Riza Umami, S. Pd.

Tanggal

19 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Seperti kita ketahui bahwa motivasi peserta didik sangat mempengaruhi hasil belajar dari peserta didik tersebut. Di madrasah tempat pendidik mengabdi latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah faktor peserta didik kurang termotivasi dalam belajar bahasa inggris sehingga mempengaruhi pada hasil belajar siswa, hal tersebut terjadi dikarenakan:

1.      Penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional

2.      Media pembelajaran yang digunakan oleh guru belum berbasis TPACK

3.      Kurangnya kesadaran peserta didik dalam meningkatkan budaya literasi

4.      Model pembelajaran yang diimplementasikan oleh guru kurang menarik dan kurang inovatif bagi peserta didik.

5.      Media atau bahan ajar yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik

6.      Pembelajaran belum menerapkan STUDENT CENTER dimana fungsi Guru adalah sebagai fasilitator untuk mendukung peerta didik dalam belajar.

      Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis menentukan model pembelajaran PBL atau PjBL sebagai solusi dari masalah tersebut karena dengan menerapkan model pembelajaran tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik juga melatih berbagai keterampilan berpikir, sikap, dan keterampilan konkret. Dengan kegiatan pembelajaran berkelompok mendorong peserta didik lebih kreatif dalam memberi gagasan/ide, melatih membiasakan bertukar pikiran dalam mengatasi masalah, dan melatih peserta didik untuk mengemukakan pendapat. Tahapan - tahapan pembelajaran lebih sistematis sesuai dengan sintak yang terdapat dalam model pembelajaran PBL atau PjBL. Pembelajaran berpusat pada peserta didik (student centered) serta dapat tercapainya tujuan pembelajaran yang telah di rencanakan.

Yang menjadi peran dan tanggung jawab penulis dalam praktik ini adalah:

1.    Menyusun ATP, modul ajar, bahan ajar, media pembelajaran, instrument pembelajaran serta LKPD melalui bimbingan dosen dan guru pamong, serta masukan dari teman-teman mahasiswa PPG

2.    Mengunggah perangkat pembelajaran PPL di LMS & melaksanakan PPL berdasarkan perangkat pembelajaran yang telah diunggah di LMS.

3.    Mendokumentasikan dalam bentuk video untuk pelaksanaan PPL dan mengunggah video original pada LMS

4.    Melakukan pengeditan video menjadi 15 menit kemudian mengunggahnya di LMS dan melakukan refleksi kegiatan yang telah dilaksanakan

 Selain hal di atas, peran penulis pada praktik ini juga sebagai Guru Model dalam model pembelajaran PBL/PjBL dan bertanggung jawab akan keberhasilan PBL/PjBL dalam memecahkan masalah di Madrasah. Hasil dari Best Practice akan disampaikan oleh penulis pada pemangku kepentingan di Madrasah agar para pendidik lain dengan latar belakang masalah yang sama dapat menggunakan model pembelajaran inovative lainnya.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu:

1.      Kurangnya minat atau semangat yang timbul dari dalam diri peserta didik untuk belajar bahasa Inggris dengan baik.

2.      Masih adanya peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi 

3.      Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan mencoba belajar editing melalui aplikasi editing video

4.      Melatih kreatifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran yang menarik bagi peserta didik

5.      Meningkatkan keaktifan peserta didik dalam bertukar pikiran baik dalam pembelajaran mandiri maupun kelompok

Dalam pelaksanaan best practice yang terlibat antara lain:

1.    Ibu dosen yang sangat inspiratif, Ibu Aninda Nidhommil Hima, M.Pd. terima kasih untuk bimbingan dan arahannya.

2.    Bapak guru pamong yang sabar dan telaten membimbing, Bapak Agus Supriyadi, S.Pd.   

3.    Kepala Madrasah MTs Al Mawaddah 2 Bpk. H. Ahmad Syamsul Huda, S.Pd

5.   Wakil kepala madrasah bidang kurikulum serta sebagai guru sejawat Ibu Mega Primaz Daniar, S.Pd

6.    Siswi kelas VIII A yang siap mengikuti pembelajaran.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

 

 

Langkah langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

1.      Dengan menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari: ATP, modul ajar, bahan ajar, media pembelajaran, instrument pembelajaran, dan LKPD dengan menggunakan model pembelajaran PjBL/PBL.

 

2.      Modul ajar yang disusun adalah modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based learning yang mempunyai 5 sintak pembelajaran yaitu:

1. Orientasi siswa pada masalah,                                                         2. Pengorganisasian siswa,                                                                            3. Membimbing penyelidikan siswa                                                   4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

5. Menganalisis dan mengevaluasi hasil karya.

3.  Untuk materi pelajaran, pendidik mencari referensi dari berbagai macam sumber materi ajar, dari buku, website atau youtube juga membuat bahan ajar berupa Handout per pertemuan juga LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk mengukur

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi langkah-langkah yang di lakukan antara lain;

Perubahan yang terjadi dengan menerapkan model pembelajaran PBL pada kelas VIII Fase D Elemen Menulis-Mempresentasikan menunjukkan kearah positif dan hasilnya sangat efektif terlihat dengan adanya motivasi belajar peserta didik yang meningkat, hal tersebut terlihat dari beberapa komponen yaitu:

1.        Keaktifan peserta didik dalam bertukar pikiran baik ketika memberi gagasan/ide, dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran mandiri maupun kelompok. Hal tersebut terlihat dengan pertanyaan dan jawaban peserta didik pada saat diskusi Kelompok.

2.        Meningkatnya kreatifitas peserta didik dalam mengerjakan LKPD

3.        Implementasi Student Center dalam pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik.

4.        Meningkatnya hasil belajar peserta didik terbukti dengan nilai yang di peroleh di atas KKM

5.        Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, respon dari lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah memberikan respon positif.

Pada kesuluruhan best practice penulis menyampaikan bahwa pembelajaran yang efektif dan berkualitas sangat di tentukan oleh dukungan dari beberapa pihak. Dalam kegiatan pembelajaran, guru haruslah mempersiapkan segala hal sebelum memasuki kelas. Guru yang kompeten, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahapan yang terdapat dalam modul ajar, dengan menerapkan model pembelajaran inovatif, media ajar yang kreatif-inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam mensuksekan pencapaian tujuan pembelajaran bagi peserta didik. Sarana dan prasarana sekolah maupun perlengkapan belajar peserta didik juga memberi dampak yanag penting untuk kelancaran proses pembelajaran.

 

           

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post