Purcahyono

Mengajar sejak tahun 2008 di SMAN 1 Pulau Tiga ,Kabupaten Natuna. Dan November 2021 mutasi ke SMKN Nusawungu Cilacap. Berusaha menulis setiap hari karena ...

Selengkapnya
Navigasi Web
4 Teori Belajar

4 Teori Belajar

#3

Teori Belajar Kognitif

Seorang psikolog asal Swiss yaitu Jean Piaget telah mengembangkan teori kognitif, sehingga teori belajar kognitif disebut juga dengan teori belajar Piaget. Sebab teori dari Piaget ini terlahir perkembangan psikologi yang berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan. Teori kognitif membahas tentang manusia membangun kemampuan kognitifnya dengan motivasi yang dilakukan oleh diri sendiri terhadap lingkungannya.

Inti dari konsep teori ini adalah bagaimana muncul dan diperolehnya schemata (skema atau rencana manusia dalam mempersepsikan lingkungannya) melalui tahapan-tahapan perkembangan manusia atau ketika seseorang mendapatkan cara baru dalam memaknai informasi secara mental.

Berdasarkan teori belajar kognitif, belajar merupakan proses perubahan persepsi dan pemahaman. Dengan kata lain, belajar itu tidak harus berbicara tentang perubahan tingkah laku atau sikap yang bisa diamati.

Setiap orang mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang berbeda antara satu dengan lainnya dan tertata rapi dalam bentuk struktur kognitif. Pengalaman dan pengetahuan inilah yang menjadikan kegiatan pembelajaran akan berjalan dengan baik. Teori ini dikatakan dapat berjalan dengan baik jika materi pelajaran yang baru bisa beradaptasi dengan struktur kognitif atau kemampuan yang dimiliki oleh siswa.

Arti “belajar” dalam teori kognitif yaitu proses perseptual atau dapat dikatakan seperti perilaku seseorang ditentukan oleh persepsi dan pemahamannya dalam melihat situasi yang berhubungan dengan tujuan proses belajar mengajar. Teori ini mempercayai bahwa “belajar” itu dihasilkan dari proses persepsi kemudian melahirkan hubungan antara pengalaman yang baru dan pengalaman yang sudah tersimpan di dalam dirinya.

Proses belajar mengajar dengan teori kognitif bukan hanya beroperasi dengan terpatah-patah atau terpisah-pisah, tetapi melalui proses yang mengalir dan menyeluruh. Hal yang ditekankan pada teori belajar kognitif adalah proses dari belajar bukan hasil belajar.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan saat menerapkan teori kognitif dalam proses belajar mengajar.

1. Pembuatan materi pembelajaran harus disusun berdasar pola atau logika sederhana dan kompleks.

2. Siswa bukanlah orang dewasa yang sudah mengerti dan mudah dalam berpikir. Oleh sebab itu, guru harus memberikan pengarahan sesuai dengan usia murid atau peserta didik.

3. Setiap kegiatan pembelajaran harus memiliki makna.

4. Agar keberhasilan murid tercapai maka guru perlu mengamati perbedaan yang telah ada pada setiap murid.

Dalam pelaksanaannya teori belajar kognitif memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui kedua hal itu teori ini dapat diterapkan secara maksimal. Berikut kelebihan dan kekurangan teori kognitif.

Kelebihan Teori Belajar Kognitif :

Memudahkan siswa untuk memahami materi belajar.

Siswa menjadi mandiri dan lebih kreatif.

Kekurangan Teori Belajar Kognitif :

Teori yang belum bisa digunakan pada semua tingkat pendidikan.

Pada pendidikan tingkat lanjut, teori ini susah untuk diterapkan.

Dalam penerapannya pada seorang anak, buku berjudul Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktik oleh Dr. Khadijah M.Ag dan Nurul Amelia ini dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak di usia dini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam sukses selalu buat Pak Purcahyono

29 Jan
Balas

Terima kasih ulasannya Bapak. Sehat selalu ya.

29 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya Bunda

29 Jan

Luar biasa.... trimakasih sudah berbagi ilmu

28 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya bunda

29 Jan

Ulasan yang menarik dan bermanfaat. Sukses selalu Pak Purcahyono

29 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya Pak Arif

30 Jan

Siip ulasannya, Pak Pur. Salam sukses.

29 Jan
Balas



search

New Post