Purcahyono

Mengajar sejak tahun 2008 di SMAN 1 Pulau Tiga ,Kabupaten Natuna. Dan November 2021 mutasi ke SMKN Nusawungu Cilacap. Berusaha menulis setiap hari karena ...

Selengkapnya
Navigasi Web
4 Teori Belajar

4 Teori Belajar

#2

TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK

Gagne dan Berliner adalah dua orang ilmuwan yang membuat teori belajar behavioristik. Teori ini memuat tentang perubahan tingkah laku yang terjadi karena pengalaman belajar. Dalam perkembangannya, teori ini menjadi aliran psikologi belajar yang memiliki pengaruh besar terhadap tujuan peningkatan teori belajar dan praktik dalam dunia pendidikan dan pembelajaran. Aliran psikologi belajar juga dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini lebih mengutamakan terbentuknya perilaku yang dihasilkan dari proses belajar mengajar.

Belajar pun merupakan interaksi antara stimulus dan respon. Menurut teori behavioristik, dalam proses belajar mengajar yang utama adalah seseorang akan dianggap telah belajar ketika sudah menunjukkan perubahan perilaku. Dari teori ini juga, proses pembelajaran dapat diartikan sebagai stimulus dan respon.

Dengan kata lain, input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Bentuk dari stimulus berupa penyampaian materi, pembentukan karakter, nasihat, dan lain-lain yang diberikan guru kepada muridnya. Sementara, hasil dari respon berupa reaksi atau tanggapan dari murid atau peserta didik terhadap stimulus yang diberikan oleh guru atau pendidik.

Proses yang lahir antara stimulus dan respon tidak bisa diamati dan diukur. Hal yang paling utama dan perlu diperhatikan adalah perilaku dari stimulus dan respon. Maksudnya apa yang diberikan guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh murid (respon) harus selalu diperhatikan dan diukur. Hal itu dilakukan karena pengukuran stimulus dan respon merupakan hal yang penting agar dapat mengetahui apakah murid mengalami perubahan tingkah laku atau tidak.

Pada penerapannya atau proses pembelajaran, teori belajar behavioristik sangat tergantung dari beberapa aspek, antara lain tujuan pembelajaran, karakteristik murid, materi pelajaran, media pembelajaran, dan fasilitas pembelajaran.

Dalam pelaksanaannya teori belajar behavioristik memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui kedua hal itu teori ini dapat diterapkan secara optimal. Berikut kelebihan dan kekurangan teori behavioristik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menerapkan teori behavioristik dalam proses pembelajaran, yaitu.

1. Perhatian guru kepada peserta didik sangat penting untuk dilakukan.

2. . Lingkungan belajar mesti diperhatikan.

3. . Mengutamakan pembentukan perilaku dengan cara latihan dan pengulangan.

4. . Proses belajar mengajar harus dengan stimulus dan respon.

Kelebihan Teori Belajar Behavioristik

Guru akan terbiasa untuk bersikap teliti dan peka saat proses belajar mengajar. Guru lebih sering membiasakan muridnya untuk belajar mandiri, tetapi ketika murid kesulitan baru bertanya kepada guru. Dapat mengganti cara mengajar (stimulus) yang satu dengan stimulus lainnya hingga mendapatkan apa yang diterima oleh murid (respon). Dengan teori belajar ini peserta didik sangat cocok untuk mendapatkan kemampuan yang mengandung unsur-unsur kecepatan, spontanitas, dan daya tahan.

Teori ini bisa membentuk perilaku yang diinginkan oleh pendidik. Dengan kata lain, perilaku yang berdampak baik bagi murid diberi perhatian lebih dan perilaku yang kurang sesuai dengan murid perhatiannya dikurangi.

Kekurangan Teori Belajar Behavioristik

Tidak semua pelajaran dapat memakai teori belajar behavioristik. Guru diharuskan untuk menyusun bahan pelajaran dalam bentuk yang sudah siap. Murid cenderung diarahkan untuk berpikir linier, konvergen, tidak kreatif, dan memposisikan murid sebagai murid aktif.

Dalam proses belajar mengajar, murid hanya bisa mendengar dan menghafal yang didengarkan. Murid membutuhkan motivasi dari luar dan sangat bergantung pada guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi!

27 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya Pak Dede

28 Jan

Keren menewen ulasannya mas.. Sukses selalu

27 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya Bung Hans

28 Jan

Terima kasih ulasannya, bagaimana kabar Pak Pur?

27 Jan
Balas

Alhamdulillah baik, semoga Bunda baik juga, terima kasih sudah berkunjung

28 Jan

Ulasannya keren mas, salam silaturahmi

27 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya Bunda

28 Jan

Siip ulasannya, Pak Pur. Teori belajar yang tak boleh dilupakan guru. Salam sukses.

28 Jan
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasnya Bunda

28 Jan



search

New Post