Purcahyono

Mengajar sejak tahun 2008 di SMAN 1 Pulau Tiga ,Kabupaten Natuna. Dan November 2021 mutasi ke SMKN Nusawungu Cilacap. Berusaha menulis setiap hari karena ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Benarkah ! Literasi Digital Dapat Menyembuhkan Kita dari Gagap Tehnologi

Benarkah ! Literasi Digital Dapat Menyembuhkan Kita dari Gagap Tehnologi

Literasi Digital ! Pernahkah anda mendengar kata tersebut ? Ya, kata tersebut tentunya sudah tidak asing lagi di telinga remaja masa kini. Dengan segala kecanggihan teknologi yang telah digenggam oleh penduduk dunia. Umumnya, seperti gadget yan memuat segala informasi, dari masa lampau hingga masa kinidalam bentuk elektronik. Dengan adanya media sosial bersifat informatif, kita sebagai remaja, semestinya menggali ilmu yang sedalam-dalamnya. Karena dengan peluang ini, kita juga dapat menemukan potensi yang ada dalam diri kita. Dengan bukti-bukti yang ada bahwa adanya literasi digital, para remaja berbondong-bondong lolos dari serangan gagap tehnologi.

Umumnya, remaja yang dapat dikategorikan unggul adalah remaja yang bergelimang kekayaan, berupa cakap dalam ilmu pengetahuan. Untuk mengimplementasikan hal tersebut, dengan melakukan literasi digital dapat membangkitkan remaja masa kini yang berwawasan luas dalam segi apa pun secara efektif.

Untuk mengefektifkan dalam hal mempelajari sesuatu pun dibutuhkan literasi digital. Melalui literasi digital, hal ini membuat semangat dalam motivasi belajar akan meningkat. Perasaan cinta yang timbul untuk literasi digital pun diperlukan tujuannya untuk mengembangkan potensi pengetahuan yang ada di dalam diri kita secara bertahap. Berikut bukti-bukti dari para manuasia hebat mengenai literasi digital menurut kacamata mereka.

Banyaknya bukti-bukti bahwa remaja masa kini tak lagi asing terhadap literasi digital karena sebagian angka penggunaan smartphone yang tinggi dan meningkat 8 dari 10% mereka paham dengan informasi yang berterbangan di dunia maya.

Remaja masa kini, mayoritas mereka tidak gagap informasi dari adanya literasi digital. Informasi yang terus berkembang, menunjukkan vitalitasi semangat par remaja terhadap dunia literasi digital terus dijelajahi. Hal ini pun dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Dalam arti, ikut serta dalam upaya memajukan kulitas SDM di Negeri Zamrud Khatulistiwa.

Mengapa remaja masa kini cakap literasi digital ? dikarenakan sumber media dengan pembawaannya yang menarik, adanya rasa untuk meningkatkan kualitas diri, dan biasanya dipengaruhi oleh pergaulan lingkungan sekitar, atau pun kebiasaan. Selain itu, literasi digital dapat menyembuhkan dari berbagai masalah yang menghimpit kita. Karena pengetahuan yang sudah terbekalkan, tinggal bagaimana kita saja cara menyikapi atau mengekspresikan pada biang masalah.

Berkat bantuan majunya tehnologi, seperti seseorang yang tidak sengaja menggunakannya. Pun akan mengalami literasi secara digital. Yang mana dapat diakses di setiap atmosfer penggunaannya yang cukup praktis dan efisien sehingga memudahkan umat manusia secara tidak sadar.

Remaja yang cakap literasi digital adalah remaja yang dapat membentuk jiwa yang kokoh terhadap dirinya secara mandiri. Mereka adalah penentu jati diribangsa yang umumnya dapat membangkitkan umat manusia yang berkualitas. Satu keistimewaan yang akan dimiliki oleh mereka adalah mereka dapat mengusir persoalan odengan efektif ketika mereka disuguhi beberapa masalah.

Literasi digital ini juga dapat dikatakan sebagai kunci portal dimensi yang belum diketahui melalui pembiasaan diri mengumpulkan bahan informasi. Namun, terjadinya insiden tersebut harus dilakukan pengkajian secara teratur terlebih dahulu terhadap literasi digital. Literasi digital sangat beragam jenisnya, hal ini wajar jika dimilki oleh mereka karena dengan memori pengetahuan yang telah melekat pada diri mereka secara permanen.

Karya :

Revand Havid Dwi Prasetyo

SMKN Nusawungu Cilacap

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen mas.. Kangen dengan kehadirannya kembali di Gurusiana.. Lanjutkan kembali dengan keindahan bait puisinya.. Sukses selalu

22 Dec
Balas

Smg cakap literasi dibarengi dengan etikanya juga. Ulasan yang mantap, Pak

23 Nov
Balas

Mantap ulasannya keren

23 Nov
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya Bunda

23 Nov

Mantap sekali ulasannya Bapak.

28 Dec
Balas

Ulasan yang keren bunda

23 Nov
Balas

Semoga literasi digital dapat meningkatkan SDM anak bangsa. Salam sehat dan sukses selalu.

23 Nov
Balas

Ulasannya mantap pak, salam silaturahmi

21 Dec
Balas

Untung sy bc sampai akhir & lht nm penulisnya, mas Pur. Kl tdk sdh sy komplain krn kt 'kita sbg remaja hah...kitaa??? Ternyata pnlsnya ang remaja ..haha oma kecele

21 Dec
Balas

Ulasan yang inspiratif, keren Pak Purrcahyono

05 Dec
Balas

Ulasan yang menarik, Pak Pur. Sepakat, lierasi digital membuat anak remaja tidak gagap informasi. Sayangnya, masih banyak yang menyalahgunakannya. Salam sukses.

23 Nov
Balas

Tulisan siswanya mantap ya Pak. Guru hebat, siswanya pun hebat. Sukses selalu buat Bapak.

26 Dec
Balas

Keren banget ulasannya. Sukses selalu sahabat

09 Dec
Balas

Guru konvensional produk kolonial juga perlu melek teknologi di era milenial agar tidak tertinggal. Sukses selalu untuk Pak Purcahyono

23 Dec
Balas

Guru konvensional produk kolonial juga perlu melek teknologi di era milenial agar tidak tertinggal. Sukses selalu untuk Pak Purcahyono

23 Dec
Balas

Ulasan yang keren dan menarik. Salam sehat dan sukses

21 Dec
Balas



search

New Post