Purcahyono

Mengajar sejak tahun 2008 di SMAN 1 Pulau Tiga ,Kabupaten Natuna. Dan November 2021 mutasi ke SMKN Nusawungu Cilacap. Berusaha menulis setiap hari karena ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fenomena Penggiat Sastra

Fenomena Penggiat Sastra

Literasi tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana untuk mengenal, memahami dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku sekolah, masyarakat dan keluarga. Literasi pun terkait dengan upaya menumbuhkan sikap, perilaku dah akhak yang mulia. Bisa dikatakan saat ini, menjadi trend literasi yang menyentuh semua lapisan masyarakat.

Berbagai komunitas, perkumpulan literasi tumbuh subur baik yang digagas atau digerakkan oleh para penggiat / praktisi pendidikan ataupun bukan. Dan kebanyakan berbasis pada media sosial, baik itu facebook, instagram ataupun lainnya. Kita pun dapat mengikutinya dengan mudah, asalkan mempunyai akun di media sosial tersebut. Ada yang sekedar hanya sebuah komunitas kemudian setiap anggota bebas memposting tulisannya, ada juga yang mengadakan lomba penulisan. Dan lebih banyak kepada tulisan fiksi.

Kita menjumpai tulisan-tulisan yang bagus, yang memang enak dibaca dan segar. Namun, ada yang menggelitik bahwa hampir semua penulis tidak memakai nama asli, tetapi memakai nama samaran, yang kadang namanya lucu dan aneh. Akan tetapi hal itu tidaklah begitu penting, bagi kita yang terpenting adalah kemunculan para penulis tersebut telah menjadi suluh yang menggairahkan dunia literasi khususnya sastra.

Kita berharap, dunia literasi pada umumnya terutama para generasi muda dapat menjadi pilar kemajuan bangsa. Dan dunia sastra dapat berkembang pada zaman milenial seperti ini. Terus tumbuh para literat yang melahirkan sastrawan-sastrawan baru.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

22 Mar
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan apresiasinya Pak Dede

22 Mar



search

New Post