Puri Astuti

Seorang guru yang masih belajar meninggalkan jejak kebaikan untuk kebermanfaatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Sebuah Visi

Refleksi Sebuah Visi

Jurnal Refleksi Modul 1.3

What?

Pada Modul 1.3 kali ini kami kembali membangun sebuah visi. Visi Guru Penggerak. Sebuah visi yang mengandung spirit perubahan yang dibingkai oleh upaya kolaboratif dalam menemukan hal positif dalam diri.

Pada modul ini kami diajarkan cara membuat sebuah visi yang tidak hanya membuat kami tergerak namun juga membuat orang lain tergerak dan ikut menggerakan. Dalam penyusunan sebuah visi kami menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif yang didasarkan pada psikologi positif. Lalu dengan menggunakan metode BAGJA kami membuat serangkaian pertanyaan yang memandu kami untuk membuat tindakan yang harus aplikasikan.

So What?

Saya sangat senang dan bersyukur dengan ilmu baru yang saya dapatkan tersebut. Dengan terlibatnya saya dalam pendidikan guru penggerak ini membuat saya mendapatkan begitu banyak ilmu baru yang membantu saya dalam menjalankan peran saya sebagai guru.

Dari modul ini saya belajar bahwa seorang guru seharusnya memiliki visi dalam menjalankan perannya. Sehingga ketika ia melaksanakan tupoksinya, semua itu didorong dan digerakan oleh sebuah visi yang ingin ia hidupkan didalam diri peserta didiknya.

Sudah saatnya memang saya menyusun ulang visi saya sebagai guru. Agar dalam perjalanan on mission saya dalam pembelajaran, saya melibatkan murid saya didalamnya. Sebagaimana yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara, bahwa seharusnya sebagai seorang guru ia memusatkan pikiran dan hatinya untuk murid-muridnya

Now What?

Tentunya akan sangat berbeda jika saya tidak mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ini. Saya mendapatkan ilmu untuk bisa menyusun visi sebagai pemimpin pembelajaran. Dimana visi tersebut tersusun secara struktur dan tidak dibuat serampangan, berdasarkan aset dan nilai positif.

Dalam hal ini yang harus saya lakukan adalah berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat agar bisa mengimbaskannya dan mewujudkan visi impian saya dalam kelas yang saya ampu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post