Puspitorini

Penulis lahir di Blittar, 5 April 1965 lulusan S-1 STKIP PGRI Kota Bltar jurusan PKN.Mulai mengajar menjadi GTT...

Selengkapnya
Navigasi Web

PERJALANAN RELIGIKU,cerpen Ta Gur 39

Ternyata ada triknya agar tak lupa pintu masuk Masjidil Haram

Sebagian jemaah haji Indonesia sudah mulai berdatangan ke Mekah, Arab Saudi. Serangkaian ibadah telah menunggu para Tamu Allah SWT. Salah satu lokasi paling dituju tentu saja Masjidil Haram.

Sayang, tak semua jemaah haji membekali pengetahuan cukup banyak tentang masjid terbesar di dunia ini. Tersesat setelah menjalankan sholat atau tawaf mengelilingi kabah adalah hal yang banyak terjadi.

Memasuki Masjidil Haram memang butuh fisik sekaligus daya ingat yang kuat. Bagaimana tidak? Masjidil Haram memiliki 4 pintu utama dan 45 pintu biasa. Secara keseluruhan akses menuju kawasan Kabah ini berjumlah 120 pintu.

Cara satu-satunya agar jemaah haji tak mudah tersesat adalah mengingat peta Masjidil Haram. Terutama, nama pintu-pintunya yang jumlahnya tak sedikit.

Disarankan jemaah haji yang baru datang harus mengenali setiap pintu yang akan digunakannya agar tak mengalami kebingungan di Masjidil Haram, apalagi sekarang HP juga sudah canggih bisa difoto jadi lebih mudah lagi untuk mengingatnya

" Bagi yang baru masuk Masjidil Haram, ingat-ingatlah dimana pintu masuknya. Kan ada nomor dan nama pintu masjid,"

Selain menghafal, dia menyarankan jemaah dapat saling menunggu jemaah lainnya dalam satu rombongan ketimbang saling meninggalkan.

" Tentukan di mana ketemuan kalau sudah selesai. Yang paling gampang biasanya di bawah tanda lampu hijau, tanda dimulai dan diakhirinya tawaf," ujar dia.

Jemaah haji yang baru pertama kali mengunjungi Kabah, pintu seperti Fateh Gate, King Fahd Gate, King Abdul Aziz, atau King Abdullah harus tertanam di dalam kepala.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post