Putri Wulandari

Mahasiswi Aktif Beroganisasi di Stai Has Cikarang Bekasi Asal Garut Jabarr Alumni Ponpes As-Sa'adah Limbangan Garut Alumni SMK Kes. Bhakti Kencana Limbangan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Dari Perang Uhud

Belajar Dari Perang Uhud

Perang uhud terjadi pada pertengahan Syaban 3 Hijriah, penyebabnya kaum kafir Quraisy membalas kaum muslimin atas kekalahan dari perang badar, jumlah pasukan quraisy 3000 orang dan muslimin 700 orang, dan peperangan terjadi di bukit uhud.

Sempat diisukan Rosulullah SAW wafat ternyata kemyataaannya hanya terluka saja, hal ini membuat gembira kaum muslimin, akan tetapi pihak kafir quraisy mendeklarasikan perang uhud ini mereka yang menang, sehingga banyak kaum muslimin berjatuhan, ketika perang berakhir Rasulullah SAW menemukan Hamzah yang terluka parah, tubuh nya di robek robek , tidak manusiawi, Rasulullah SAW pun sedih, marah dan campur aduk, bahkan RAsulullah SAW ingin mengejar untuk balas dendam karena sahabat sejatinya di perlakukan demikian.

Ketika itu barulah turun ayat sebagaimana dalam Q.S An-Nahl ayat 126-127 yang artinya “Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan.

Subhanallah inilah memberikan arti bahwasannya balas dendam selamanya baik di balas dengan setimpal, namun yang lebih baik yakni bersabar, Rasulullah memeberikan contoh bagi kita untuk bersabar dalam keadaan dan kondisi sesedih dan semarah apapun.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang keren dan mengingatkan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

13 Oct
Balas



search

New Post