Putri Wulandari

Mahasiswi Aktif Beroganisasi di Stai Has Cikarang Bekasi Asal Garut Jabarr Alumni Ponpes As-Sa'adah Limbangan Garut Alumni SMK Kes. Bhakti Kencana Limbangan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis dengan nafsu

Menulis dengan nafsu

Minggu 25 Oktober 2020 pukul 15.30 sampai 17.00 saya mengikuti webinar series academic writing community kerjasama jurnal pergunu dan litbang STAI Haji Agus Salim Cikarang dengan tema Mudah Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa, dengan Narasumber DR. Fuad Hilmi Litbang PERGUNU dosen telkom Uni dan STAI Haji Agus Salim, DR. H Saepullah Ketua PW PERGUNU JABAR, Daan Dini Khairunida S. Ag MEIL, dan di moderatori Dadang Hermawan M.HI.

Karya Tulis Ilmiah atau KTI dimulai dengan menentukan masalah, tema, judul. Ada tantangan membuat jurnal dalam 15 menit dari Pak Saepullah dan beliau mempraktekan pembuatan jurnal dengan sigapnya memulai pola jurnal dari tema, nama penulis, email atau nomor handphone, abstrak dalam bahasa inggris dan indonesia namun bisa juga ditambah bahasa arab kalau pembaca nya ada dari luar, pendahuluan, metodologi penelitian, pembahasan, simpulan, daftar pustaka, dengan mencari bahan yang memperkuat penelitian kita dengan turun kelapangan atau observasi, studi pustaka dan wawancara.

Diam kita bisa jadi penelitian, karena termasuk sumber masalah, contoh lainnya bacaan terutama yang berisi laporan hasil penelitian, seminar, diskusi, berbagai pertemuan ilmiah, pernyataan pemegang otoritas, pengamatan sepintas, pengalaman pribadi dan perasaan intuitif. dalam menulis jurnal, bisa dimulai dengan kolaborasi beberapa (misalnya tiga) orang, syarat jurnal internasional biasanya mensyaratkan jumlah kata minimal 3000 kata, esensi dalam menulis jurnal adalah dapat memberikan referensi bagi literatur literatur pada masa yang akan datang.

Perbedaan jurnal dan artikel, jurnal adalah majalah yang berisi artikel dan deskripsi lain, tentang disiplin ilmu tertentu atau kegiatan profesional, artikel itu adalah karya sastra, jurnal adalah bentuk publikasi, untuk karya ilmiah biasanya jurnal artikel atau tulisan serta dapat di pertanggung jawabkan, objektif tidak plagiat, di tutup dengan jangan menyerah dengan keadaan, tulis aja dari sekarang jangan ditunda-tunda, ketika membaca kita mengenal dunia, ketika menulis kita di kenal dunia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, kegiatan yang bagus nambah wawasan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

26 Oct
Balas

Alhamdulillah nanti insyaallah ada kelanjutannya bunda.

26 Oct



search

New Post