NGAKAN PUTU SUARJANA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kreativitas seni mendukung pengembangan siswa seutuhnya

Kreativitas seni mendukung pengembangan siswa seutuhnya

Pagi ini menghadiri kegiatan kreativitas siswa di SMA Negeri 1 Rendang Bali. Acara ini diadakan koran Bali Post dengan tajuk Balipost goes to school. Pesertanya siswa dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Karangasem Bali.Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang seni, budaya dan jurnalisme. Melalui kretivitas itu diharapkan tumbuh penghargaan siswa pada nilai seni budaya. Pada akhirnya dapat menumbuhkan kecintaan pada karya seni yang mendorong kebanggaan berbangsa dan bernegara. Pada kesempatan kali ini dilombakan gerak tari dan lagu bagi siswa TK, SD dan SMP. Peserta menggunakan pakaian dari bahan koran yang dirancang sedemikian rupa sehingga menampilkan buah karya kreatif siswa. Selain itu juga ada lomba membaca puisi bagi siswa SD, lomba majalah dinding bagi siswa SMP, SMA, SMK, lomba fotografi bagi siswa SMP, SMA, SMK. Kegiatan juga diisi dengan pelatihan jurnalistik bagi siswa yang mengikuti lomba majalah dinding. Balipost goes to school merupakan bentuk partisipasi grup media Balipost yang diprakarsai Bapak Satria Naradha selaku pemimpin grup Media Balipost. Kegiatan sebagai peran serta media menunjang pencapaian generasi emas Indonesia 2045. Juga dalam rangka memulihkan siswa pasca trauma erupsi Gunung Agung.Bagaimana kegiatan ini dapat mendukung mencapai generasi emas Indonesia? Apresiasi siswa terhadap seni budaya dapat mengasah kepekaan hati siswa. Kepekaan hati akan mengembangkan kecerdasan sosial spiritual siswa sebagai implementasi kegiatan olah hati. Seperti disampaikan Bapak Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan harus secara terintegrasi mengembangkan hati, jiwa dan pikiran siswa. Demikian juga pendapat Howard Gardner melalui teori kecerdasan ganda. Siswa sebagai individu yang tidak hanya mempunyai kecerdasan intelektual saja. Kecerdasan ganda yang dapat dikembangkan pada setiap individu meliputi kecerdasan tersebut adalah musical/rhythmic intelligence bodily/kinesthetic intelligence, logical/mathematical intelligence,visual/spatial intelligence, verbal/linguistic intelligence, interpersonal intelligence, dan intrapersonal intelligence. Jadi kegiatan pengembangan kegiatan yang mendorong pemgembangan kecerdasan ganda sangat penting dilaksanakan. Kegiatan Balipost goes to school seperti ini juga dapat menjadi ajang evaluasi bagi guru dan sekolah. Program sekolah dalam pengembangan diri siswa dapat dievaluasi pada event seperti ini. Apakah program sekolah sudah efektif atau perlu pengembangan lebih lanjut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post