NGAKAN PUTU SUARJANA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru

Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru

Guru wajib melaksanakan kegiatan pengembangan profesi. Pengembangan profesi guru dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Salah satu bentuk karya publikasi ilmiah adalah Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Laporan ini ditulis setelah guru melaksanakan penelitian.

Buku 4 edisi 2016 PKB Guru Pembelajaran menyatakan bahwa Laporan PTK guru bisa digunakan sebagai karya pengembangan profesi yang diperhiyungkan angka kreditnya setelah dipublikasikan. Publikasi laporan PTK dilaksanakan melalui seminar. Seminar Laporan PTK guru dilaksanaksn di sekolah, KKG atau tempat lain yang sesuai peraturan. Seminar minimal dihadiri oleh 15 orang guru dari 3 sekolah. Tujuan pelaksanaan seminar adalah untuk diseminasi hasil penelitian guru. Guru yang telah menulis laporan PTK mempersentasikan karyanya di depan guru yang hadir. Guru peserta seminar diharapkan terinpirasi untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran di kelasnyamasing-masing.

Pada hari jni, Minggu tanggal 29 April 2018 dilaksanakan seminar Laporan PTK guru di SDN 1 Muncan Karangasem Bali. Seminar diikuti 29 orang guru dari 13 sekolah di wilayah Gugus IV Kecamatan Selat Karangasem Bali. Hadir pada seminar anggota Tim Forum Ilmiah Guru sebagai kontributor seminar. Sebelumnya, tim FIG sudah melakukan verifikasi pada naskah laporan PTK guru tersebut. Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem dalam sambutannya mengharapkan seminar ini menjadi media guru dalam mengembangkan profesinya. Beliau mendukung seminar yang diselengarakan secara swadaya oleh KKG guru ini. Ide inovasi dan kreativitas guru juga diharapkan muncul melalui seminar ini. Dan pada akhirnya mendukung program Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk mewujudkan masyarakat Karangasem yang cerdas bermartabat.

Bapak Kabid Pembinaan Ketenagaan yang juga hadir pada pembukaan seminar mengapresiasi program KKG Gugus IV Kecamatan Selat. Beliau juga menegaskan bahwa karya publikasi ilmiah guru tidak hanya dalam bentuk PTK. Guru juga dapat membuat karya publikasi ilmiah dalam bentuk bahan ajar, buku, maupun karya best practice. Apalagi Karangasem sudah mempunyai Tim Forum Ilmiah Guru. Pak Kabid sebagai ketua Tim menyatakan bahwa Tim FIG ini siap membantu dan membimbing guru dalam menyusun karya publikasi ilmiah. Guru melalui KKG dipersilakan bersurat ke Tim melalui dinas untuk memperoleh bimbingan dan pembinaan. Lebih lanjut beliau berharap agar guru selalu berupaya untuk meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan kegiatan seperti seminar ini.

Guru-guru peserta seminar tampak antusias mengikuti kegiatan. Guru yang menyajikan laporan PTK juga tampak sangat gembira sudah berhasil mempublikasikan hasil PTK-nya. Semoga semakin banyak karya inovatif guru yang berhasil dipublikasikan. Guru mulia karena karya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post