NGAKAN PUTU SUARJANA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Terdampar di Kelas Editor Jakarta

Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tanggerang 3 November 2017 pukul 19.50 saya segera menuju ke Terminal Lebak Bulus naik bus Damri. Perjalanan menuju Lebak Bulus cukup lancar, tidak banyak kemacetan atau saya tidak tahu ada kemacetan karena lebih dulu pergi ke dunia mimpi. Menuju ke lokasi penginapan dari Terminal Lebak Bulus, saya naiki ojek. Ojek berangkat melewati jalur-jalur tikus untuk menghindari kemacetan. Akhirnya hampir pukul 22.00 sampai di Red Doorz Safin Inn Cipete. Lega rasanya. Sudah sampai, namun kok sepi? Masuk ke lobi hotel ternyata sudah ditunggu Bu Yully dan beberapa rekan dari Bukit Tinggi dan Sukabumi. Saya pun bergabung dan berkenalan dengan mereka.

Kegiatan pelatihan kelas Editor Buku dilaksanakan di SMP Al-Ikhlas Cipete, Jakarta. Sabtu, 4 November 2017 Pukul 07.30 kami sampai di lokasi kegiatan. Lantai 4 SMP Al-Ikhlas Jakarta. Setelah kegiatan dimulai, peserta saling mengenalkan diri. Ternyata peserta pelatihan berasal dari berbagai wilayah dari Sabang sampai Merauke. Para guru yang hadir adalah alumni berbagai kelas menulis yang telah diadakan Media Guru sebelumnya. Mereka juga adalah guru-guru penulis yang telah menghasilkan buku dan guru-guru berprestasi pada bidangnya masing-masing. Luar biasa. Pelatihan dibimbing oleh Mas Eko Prasetyo, pemimpin Redaksi Media Guru. Juga ada pak Leck Murman, Ibu Yully, Ibu Istiqomah dan yang lainnya.

Mas Eko benar-benar mampu mengelola pelatihan dengan baik. Setelah dua hari mengikuti kegiatan ini, kami mempunyai pemahaman tentang kegiatan penyuntingan buku. Apa dan bagaimana menyunting buku. Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang editor. Bagaimana menyunting tulisan dan buku. Minimal menyunting buku dan tulisan sendiri. Hal ini penting agar saat dikirim ke redaksi Media Guru proses penyuntingan menjadi lebih mudah. Buku pun akan lebih cepat diterbitkan. Kami pun akhirnya siap untuk menulis dan menyunting buku. Bersama kita pasti bisa. Dari guru, oleh guru dan untuk guru demi kemajuan pendidikan Indonesia di masa mendatang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.