rachman firdaus

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Opini Rachman Firdaus

Guru Zaman Now : Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif

Oleh

Rachman Firdaus, M.Pd

Guru SMPN 1 Nagawutung

Judul tersebut menggugah pikiran dunia pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era globalisasi saat ini. “Guru zaman now” bukan hanya sebuah slogan tentang eksistensi guru, tapi lebih memberikan sebuah tantangan tentang profesi guru sebagai tenaga pendidik dalam mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan bagi generasi bangsa saat ini. Menjadi “guru zaman now” tidak hanya berdiri di depan kelas dan berceramah tentang materi yang ada di buku panduan, namun lebih dari itu guru harus memiliki beragam kompetensi untuk menunjang profesionalitas tugas dan perannya sebagai pendidik profesional.

Nancy walser, sebagaimana dikutip Manthey G (2008), dalam tulisannya berjudul Attaining 21st Century Skills in a Complex World, mengingatkan agar sekolah membekali anak didiknya dalam hal berpikir kritis, kemampuan kerja sama, kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, bekerja mandiri, memimpin, beradaptasi secara cepat dan tanggungjawab, serta memiliki wawasan global.

Pernyataan tersebut kini telah terbukti. Masyarakat modern saat ini didominasi oleh mereka yang memiliki pemahaman, keterampilan, dan pengetahuan yang cukup tentang hal-hal tersebut diatas. Untuk itu, masyarakat dunia berharap sekolah sebagai lembaga pendidikan mampu mewujudkan generasi abad 21 yang cerdas, berkarakter, dan berkompeten.

Guru merupakan desainer pembelajaran yang di tuntut memainkan perannya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang mampu meningkatkan kreatifitas siswa, melahirkan inovasi baru pada setiap proses pembelajaran, serta mampu menginspirasi siswa maupun pelaku pendidikan lainnya untuk berkarya.

Untuk itu, penulis berpendapat bahwa guru zaman now adalah guru yang kreatif, inovatif, dan inspiratif. Mengapa demikian? Mari kita introspeksi diri sebagai guru dalam menyampaikan proses pembelajaran selama ini, apakah hanya menyesuaikan kondisi yang ada dilingkungan sekolah, ataukah berani mengambil langkah mengembangkan diri sebagai pendidik profesional bagi masa depan generasi saat ini.

Guru Kreatif

Madjadikara (2015) mengemukakan bahwa kreatif adalah kemampuan yang dimiliki seseorang (atau kelompok orang) yang memungkinkan mereka menemukan terobosan dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara yang baru atau unik, berbeda, dan lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian guru yang kreatif adalah guru yang mampu mengaktualisasi dan mengekspresikan dirinya secara optimal sebagai pendidik yang mampu mewujudkan pendidikan yang bermakna bagi siswa.

Guru zaman now dituntut untuk lebih kreatif meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa melalui desain pembelajaran yang menyenangkan. Kreatif dalam menciptakan model-model pembelajaran dan kreatif dalam memanfaatkan alat dan sumber pembelajaran. Sebuah ide kreatif seorang guru sangat diperlukan untuk dapat mengubah situasi pembelajaran menjadi menarik dan efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Di era digital native saat ini, ada kemungkinan ide pembelajaran yang dikembangkan lebih banyak berkaitan dengan teknologi digital karena secara mayoritas siswa akan lebih tertarik dengan fenomena – fenomena up to date. Hal tersebut harus dapat di antisipasi dengan inovasi-inovasi terhadap model pembelajaran ataupun media pembelajaran yang bermanfaat dan mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Guru Inovatif

Inovasi merupakan sebuah upaya untuk menciptakan, mengembangkan, maupun memodifikasi melalui penemuan-penemuan karya baru untuk meningkatkan kualitas dan hasil karya sebelumnya. Sejalan dengan itu, Kusmana (2010:2) mengemukakan bahwa inovasi adalah suatu hasil penciptaan sesuatu yang dianggap baru yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah, baik berupa ide, barang, kejadian, metode dan sebagainya yang dilakukan oleh sesorang atau kelompok.

Inovasi dalam dunia pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran yang dirancang, dikembangkan, dan dilaksanakan secara kreatif dan dinamis untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan berkualitas. Dengan demikian, guru yang inovatif adalah pendidik yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif sehingga memperoleh kemajuan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diinginkan.

Guru zaman now yang inovatif akan selalu melakukan pembaharuan pembelajaran dari refleksi proses pembelajaran sebelumnya sehingga mampu memecahkan masalah pada setiap proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran akan menjadi solusi yang paling efektif memecahkan masalah pembelajaran.

Belum terlambat bagi guru zaman now mengembangkan inovasi dalam proses pembelajaran agar mampu menginspirasi siswa maupun pelaku pendidikan lainnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Guru yang kreatif dan inovatif tentu akan memberikan inspirasi bagi pendidik lainnya untuk berkarya membangun bangsa di era modernisasi saat ini.

Guru Inspiratif

Dinamika perubahan dunia pendidikan saat ini, tidak hanya menuntut guru untuk kreatif dan inovatif saja, namun juga mampu menginspirasi siswa untuk menjadi pribadi yang hebat. Tidak hanya cerdas berilmu tapi juga cerdas dalam berkata dan bertindak.

William Arthur mengatakan bahwa “guru yang “baik” bisa menjabarkan materi dengan baik, guru yang “superior” dapat mendemonstrasikan materi dengan baik, dan guru yang “luar biasa hebat” dapat menginspirasi siswa sehingga mereka terus berkembang dengan sendirinya. Dari pernyataan tersebut, tentu kita semua berharap dapat menjadi guru yang mampu menginspirasi setiap orang untuk berkarya di dunia pendidikan (bukan hanya siswa). Oleh karena itu, guru harus bisa menjadi inspirator yang mendorong siswa maupun guru lainnya untuk memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran sehingga mampu menciptakan kualitas pendidikan menuju generasi abad 21 yang cerdas.

Inspirasi dimaknai sebagai gagasan-gagasan kreatif yang muncul dari dalam diri setelah mempelajari segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, guru zaman now yang inspiratif adalah pendidik yang mampu memberikan pengaruh positif bagi siswa maupun pendidik lainnya melalui ide-ide , nilai-nilai, maupun tindakan kreatifitas yang positif.

Guru yang inspiratif adalah guru yang tidak hanya mampu mentransfer ilmu-ilmu teori dan praktek saja kepada siswa. Tapi juga harus bisa menjadi sumber inspirasi bagi siswa maupun pelaku pendidikan lainnya ke arah pengembangan pendidikan yang berkualitas. Kreatifitas dan inovasi pembelajaran yang rancang dan dilaksanakan akan memberikan dampak positif dalam pembelajaran bagi siswa maupun guru lainnya sehingga menjadikan kita sebagai guru zaman now yang inspiratif.

Guru zaman now yang kreatif, inovatif, dan inspiratif memberi makna tersendiri bahwa profesionalitas guru abad 21 tidak hanya bicara tentang apa itu mengajar (what to teach) akan tetapi bagaimana kita mengajar (how to teach). Oleh karena itu, Indikator keberhasilan pendidikan yang berkualitas bukan hanya sekedar konsep semata tapi bagaimana kita mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Akhirnya, penulis berharap tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya pendidik masa kini sebagai bahan refleksi maupun referensi dalam upaya membangun komptensi guru zaman now yang kreatif, inovatif, dan inspiratif. Semoga kita mampu mewujudkan kualitas pendidikan yang baik melalui pembelajaran yang bermakna. Amin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menjadi guru zaman NOW, harus kreatif, inovatif, inspiratif, informatif bla..bla... Tapi pertanyaanya tidak semua guru/pendidik punya sense of tif tif diatas. Hanya sebagian kecil saja yang mau mengembangkan keprofesiaannya. Hal ini perlu dimulai dari kampus tempat guru menimba ilmu, apakah ada mata kuliah yang mengajarkan guru untuk kreatif, inovatif dst

04 Jan
Balas



search

New Post