R.A ENDAN RATNAWATI

HJ.R.A ENDAN RATNAWATI, S.Pd, M.Si, mengajar di SMAN 1 Pasir Penyu Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Mengajar mata pelajaran Matema...

Selengkapnya
Navigasi Web

DUA BUKU DALAM SEBULAN, MUNGKINKAH?

DUA BUKU DALAM SATU BULAN, MUNGKINKAH?

(Oleh : Hj. R.A Endan Ratnawati)

Selama bulan Februari 2017 ada dua pelatihan menulis yang aku ikuti. Keseluruhan kegiatan bertujuan untuk mencoba memberi motivasi peserta agar mencoba menuangkan ide dan pemikirannya dalam sebuah hasil karya tulisan. Dengan harapan peserta dapat menghasilkan sebuah buku, dengan berbagai kategori pilihan yang mungkin dibuat. Membuat judul atau sinopsis sebuah tulisan mungkin tidak terlalu berat. Yang berat itu saat menulis naskahnya.

Barangkali sebagai penulis pemula, aku tidak perlu mencari ide nun jauh keluar sana, dengan masa perenungan yang membutuhkan waktu dan pemikiran khusus. Cukuplah pengalaman hidup yang telah kujalani sebagai sumber cerita. Begitu banyak yang terlintas di kepalaku saat ini, ternyata tak mudah diungkapkan dalam aksara bermakna. Aku masih miskin diksi, minim pengetahuan tatabahasa apalagi pengalaman. Yang ada hanya tekat, keberanian untuk berani mencoba. Kuputuskan tema hanya pada sebuah memoar.

Alasan mengapa memoar jadi pilihan, karena tidak perlu mencari data, mengadakan penelitian, observasi atau refrensi dari luar sana. Cerita bisa mengalir seirama dengan perjalanan hidupku. Memoar sepenggal kisah penuh sejarah yang tak akan terlupakan sepanjang hayat.

Sebagai langkah awal, tulisan seperti ini kurasa sudah cukup. Aku belum mampu menggambarkan sebuah kejadian yang sedang jadi sorotan luas diluar sana, seperti kisah Pak Budi, seorang guru muda yang sedang menapak masa depan, yang harus berakhir tragis memilukan kalbu, atau kasus heboh lainnya yang marak terjadi. Aku masih butuh banyak bimbingan, pelajaran atau pelatihan untuk dapat mengungkapkan segala penomena dalam sebuah tulisan.

Dalam satu bulan dua naskah buku harus dapat diselesaikan, mungkinkah? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Motivasi dan semangat tidak boleh padam. Kamus pantang menyerah harus terpatri kuat dalam dada. Luar biasa, mimpi yang harus jadi kenyataan. Harus, harus itu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ups....keren bunda Dengan semangat dan jiwa yang selalu ingin berkarya pasti bunda bisa....

25 Feb
Balas

trims suportnya bu. tinggal tersisa satu naskah lg bu. semangat hrs terus dipelihara. ibu jg ya?

19 Mar

trims byk bpk ibu yg sdh mensuport saya. alhamdulillah satu naskah sudah selesai. yg satu lagi sedang di proses, karna terpotong 15 hari untuk ibadah umroh. masih ada waktu sampai tanggal 25 maret mendatang. semoga bisa selesai. terimakasih bpk ibu semua

19 Mar
Balas

Semangat bu..ayo ibu pasti bisa...

25 Feb
Balas

semangat tetap membara p.Khoeri cuma waktunya yg sangat perlu di siasati, agar kegiatan lain dapat sejalan. terimakasih ya pak?

19 Mar

Bagi kaum pria mungkin bisa bu. Tapi kita wanita punya multi fungsi. Menulis harus cari2 waktu luang dalam kesempitan. Semoga bisa.

25 Feb
Balas

iya bu kita hrs multi fungsi. bpk2 g ada madalah

19 Mar

Bagi kaum pria mungkin bisa bu. Tapi kita wanita punya multi fungsi. Menulis harus cari2 waktu luang dalam kesempitan. Semoga bisa.

25 Feb
Balas

Bagi kaum pria mungkin bisa bu. Tapi kita wanita punya multi fungsi. Menulis harus cari2 waktu luang dalam kesempitan. Semoga bisa.

25 Feb
Balas

Salah satu buku saya, SOS Sapa Ora Sibuk: Menulis dalam Kesibukan (2016), saya kerjakan dalam 9 malam. Itu waktu tercepat sy menulis buku selama ini. Saya jg hampir tdk percaya dgn keajaiban ini.

25 Feb
Balas



search

New Post