Raffi Firdaus

Tinggal di Padang laban Kenegarian Pasia Pelangai Kec, Ranpes Kab. Pessel, Sumatera Barat. Pernah sekolah di TK Bunda, SDN 17 Padang Laban, MTsN Balai Selasa,...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelatihan Software Sparkol Videoscrie || Guru MIN se-Kota Padang

Pelatihan Software Sparkol Videoscrie || Guru MIN se-Kota Padang

Pelatihan ini di adakan oleh FTK UIN IB Padang dengan melihat bagaimana tantangan pendidikan Abad 21 menekankan pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tentunya mengiring akan peningkatan kemampuan/kompetensi guru dan siswa dalam memanfaatakan teknologi atau dikenal dengan ICT. Pemanfaatan ICT bagi guru agar lebih optimal dalam pembelajaran, maka perlu dilakukan pelatihan. Software sparkol videoscribe dipilih untuk meningkatkan kompetensi guru berdasarkan manfaatnya dalam pembelajaran. Tujuan dari pelatihan ini adalah 1) Mengetahui dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru MIN dalam menggunakan media pembelajaran., 2) Meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan media pembelajaran dengan menggunakan software sparkol videoscribe.

Metode dalam kegiatan pengabdian ini adalah pertama metode ceramah yang digunakan untuk menjelaskan pengertian, jenis-jenis aplikasi dan ICT serta manfaatnya dalam pembelajaran, kedua metode demonstrasi diberikan untuk menjelaskan cara menginstall software aplikasi Sparkol Video Scribe, penggunaan tiap-tiap perintah dalam software aplikasi dan menggunakannya dalam pembelajaran, ketiga metode praktik digunakan untuk mengetahui sejauh mana tiap peserta mampu mengoperasikan software dalam pembelajaran.

Hasil pelatihan berupa produk hasil kerja yang dibuat oleh guru-guru MIN Se-Kota Padang, selanjutnya menggunakan angket untuk mengetahui kompetensi dan persespsi peserta pelatihan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan/kompetensi guru MIN, ini dibuktikan dengan perolehan data kuisioner rata-rata sebesar 74,06 dan terkategori baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Pak Raffi. Semoga kompetensi guru-guru semakin meningkat.

07 Dec
Balas

ya pak,. Aamiin

07 Dec

Kereeeen Psk reportasenya. Sukses selalu dan barakallahu fiiik

07 Dec
Balas

aamiin buk..

07 Dec



search

New Post