Rafikha Lintang Sahara

Guru RA Ash-Ashiddiqiyyah dan Mahasiswi STAIHAS cikarang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aku Ingin Menjadi Wanita Sholehah

Aku Ingin Menjadi Wanita Sholehah

Oleh : RAFIKHA LINTANG SAHARA

Wanita sholehah.. Siapa wanita yg tidak ingin menjadi wanita sholehah? Apa yg kamu fikirikan tentang wanita sholehah? Cantik, anggun, baik perangainya, indah tutur katanya, ketaatannya kepada-Nya?? Wanita Sholehah.. Hmm, betapa cemburunya aku terhadap mereka, wanita-wanita perindu surga. Aku ingin seperti mereka. Yaah, ingin menjadi salah satu diantara mereka. Dan rasa cemburuku terhadap mereka membuatku semakin yakin untuk memperbaiki diri agar aku pantas menjadi bagian dari salah satu wanita-wanita perindu surga. Dan muncul pertanyaan dalam diriku, "Bagaimana aku bisa menjadi seperti mereka?" pantaskah aku menjadi bagian dari mereka?" Keinginan dan rasa cemburuku ini, membuatku mulai sering membaca Artikel-artikel, buku dan mulai mengoleksi buku2 Seputar Muslimah dan wanita sholehah, MasyaAllah..

Dari beberapa artikel dan buku yg kubaca, kudapati keistimewaan Seorang Wanita sholehah yg membuatku semakin Semangat dan yakin untuk menjadi wanita sholehah.. Dan beberapa keutamaan dan keistimewaan wanita sholehah, diantaranya :

1. Wanita sholehah adalah sebaik2 perhiasan dunia

Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhumameriwayatkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا ا رْملَْأَةُ الصَّالِحَةُ

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah.” (HR. Muslim no. 1467)

2. Wanita yang terbaik untuk dinikahi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُنْكَحُ ا رْملَْأَةُ رِألَْبَعٍ: اِملَلِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا،فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Wanita itu dinikahi karena empat perkara yaitu karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu wanita yang punya agama, engkau akan beruntung.” (HR. al-Bukhari no. 5090 dan Muslim no. 1466)

3. Keistimewaannya ketika Haidh

Tidaklah seorang wanita yang haidh itu, kecuali haidhnya merupakan kifarah (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telah lalu, dan apabila pada hari pertama haidhnya membaca “Alhamdulillahi’alaa Kulli Halin Wa Astaghfirullah”. Segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku mohon ampun kepada Allah dari segala dosa.”; maka Allah menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui shiratul mustaqim yang aman dari seksa, bahkan AllahTa’ala mengangkat derajatnya, seperti derajatnya 40 orang yang mati syahid, apabila dia selalu berzikir kepada Allah selama haidhnya.

4. Posisi wanita sangat signifikan atau sangat menentukan baik-buruknya sebuah keluarga

dalam suatu riwayat dikatakan bahwa Rasûlullâh saw. berkata :

مَنْ رَزَّقَهُ اللَّهُ امْرَأَةً صَالِحَةً , فَقَدْ أَعَانَهُ عَلَى شَطْرِ دِيْنِهِ , فَلْيَتَّقِ اللَّهَ فِي الشَّطْرِالثَّانِي

Artinya : “Barang-siapa yang di beri Allâh rezeki berupa isteri yang sholehah, maka sungguh Allâh telah menolongnya mendapat separoh dari agamanya. Maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allâh untuk memperoleh yang separohnya”. (H.R. Ath-Thabrani dan Al-Hakim. Lihat Al-Ahaditsush-Shahihah oleh Syaikh Al-Albani jilid II hal. 200)

5. Harta terbaik untuk dimiliki

Dalam sebuah hadits yang meriwayatkan bahwa Umar ibnul Khaththab RA bertanya pada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, harta apakah yang sebaiknya kita miliki?” Beliau Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Hendaklah salah seorang dari kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang senantiasa berdzikir dan istri mukminah yang akan menolongmu dalam perkara akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

6. Masuk dari pintu surga mana saja

Seorang wanita yang sholehah memiliki keutamaan yakni ia bisa memasuki surga dari pintu mana saja yang ia sukai. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini, “Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai.” (HR. Ahmad)

7. Wanita yg sholehah itu lebih baik dari 1000 orang laki laki yg tidak sholeh.

8. Seorang wanita sholehah lebih baik dari 70 orang wali

9. Wanita sholehah yg menjadi seorang ibu, maka surga dibawah telapak kakinya.

sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist: "Surga itu ada dibawah telapak kaki ibu".

10. Doa wanita sholehah lebih maqbul dari laki laki karna sifat penyayang yg lebih kuat dari laki laki. ketika ditanya Rasulullah Saw akan hal tersebut, jawab baginda, "ibu lebih penyayang dari bapak dan doa orang yg penyayang tidak akan sia sia"

Itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan wanita sholehah. Sebetulnya, masih banyak sekali keutamaan dan keistimewaan Wanita sholehah. Ayo ukhti, setelah tahu tentang semua ini. Masih kah kita ragu untuk memperbaiki diri agar menjadi wanita-wanita perindu surga??

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masyaallah.. semoga tetap istiqomah perbaikan diri menuju kehadirat-Nya. Keren artikelnya, sukses teeus dan barakallah

28 Mar
Balas

Syukron katsir ustadz, barakallahu fik

29 Mar

Masya Allah, semoga kita termasuk dalam kategori wanita tersebut.. menjadi sebaik-baiknya perhiasan..Hamasah dan istiqomah

29 Mar
Balas

aamiin allahumma aamiin

29 Mar



search

New Post