RAHAYU

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkarya dari dalam rumah
Dirumahaja

Berkarya dari dalam rumah

Berkarya dari dalam rumah

Di masa pademi corona ini tentunya banyak di antara kita yang melakukan kegiatan bekerja dari rumah. Begitu menakutkannya wabah ini sehingga bumi pun seperti “beristirahat” sejenak dari segala aktifitasnya. Tetapi manusia sepertinya tidak dapat “beristirahat” begitu saja, buktinya justru di masa pandemi ini banyak hal baru yang dapat dihasilkan dan dilakukan juga bermanfaat bagi sesama. Ini membuktikan bahwa kreatifitas dan ide tidak terbatas oleh ruang dan waktu, selama masih ada kesempatan untuk belajar mengenal hal baru itu akan menjadi sebuah ide yang brilian yang dapat dirasakan dan dinikmati hasilnya sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk merasa “terperangkap” tetapi sebaliknya jika kita bisa memanfaatkan keadaaan posisi “di dalam rumah” pun kita bisa menghasilkan karya yang baik. Dan itu semua menjadikan kita untuk terus mengucap syukur dalam keadaan apa pun termasuk keadaan sulit seperti wabah corona ini.

Dari dalam rumah, kita dapat melakukan inovasi pembelajaran yang baru. Yang belum pernah kita lakukan di masa sebelum pandemi, hal ini harus jujur saya tuliskan karena inilah buktinya, saya mungkin tidak akan pernah mencoba aplikasi pembelajaran secara daring bila tidak ada situasi seperti saat ini. Berkarya dari dalam rumah, saya tidak pernah merasa “terperangkap” selama berada dalam rumah, justru saya merasa ide-ide baru terus muncul di pikiran saya seperti pada saat pertama kali mengadakan kelas daring untuk para siswa kelas Bahasa Inggris yang jumlah siswanya 217 dan ternyata 199 siswa dapat mengikuti kelas daring dengan menggunakan Google Classroom. Menurut saya itu adalah hal yang luar biasa karena ada semangat dari para siswa untuk terus mau belajar sekalipun posisi dalam rumah.

Berkarya dari dalam rumah, selain pembelajaran secara daring. Saya juga mencoba hal baru dengan menggunakan aplikasi zoom dimana memungkin bagi saya dan para siswa untuk bertatap muka mengadakan penjelasan materi sekaligus juga dapat menanyakan langsung bagaimana keadaan dan kondisi mereka pada saat pandemi ini. Saya juga memanfaatkan aplikasi zoom ini untuk mengadakan “English Class Celebration” yang saya bagi kedalam dua pertemuan dengan topik yang berbeda, saya juga mengajak para siswa dan nara sumber untuk bernyanyi bersama melalui aplikasi zoom, yang sebelumnya saya sudah persiapkan musik karaoke live dari Youtube untuk mendukung lagu yang akan kami nyanyikan dan hasilnya semua menjadi sebuah keceriaan dan kegembiraan tersendiri.

Berkarya dari dalam rumah tidak berhenti sampai disitu, saya mulai berinovasi kembali, mencari ide baru, entah kenapa saya seperti tidak mau berhenti. Selalu timbul di hati dan pikiran saya “ saya mau mengadakan apa lagi ya dengan kelas saya?” kalimat itu sering muncul sehingga “menyuruh “ saya untuk membuka internet mencari hal-hal yang menarik melalui penelusuran Google dan menerapkan salah satu aplikasi permainan pendidikan secara daring Education Games Online sebut saja Quizizz dan pertama kali memperkenalkan para siswa dengan games ini, mereka sangat senang bahkan dapat dikatakan “ketagihan” mereka meminta kembali kapan saya memberikan link games online untuk mereka dapat mengasah pengetahuan dalam Bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan.

Berkarya dari dalam rumah yang lainnya yang saya lakukan adalah mencoba membuka channel Youtube dengan nama yang ayuTV, peluncuran video perdana saya di Youtube adalah hasil karya para siswa dalam memberikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional dalam Bahasa Inggris. Begitu juga dengan kegiatan Webinar dan Training Online MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Tangerang yang tentunya sangat menambah pengalaman dan penetahuan untuk dapat memberikan karya yang terbaik ditengah corona.

Jadi dapat saya tuliskan kalau ternyata semua adalah hal yang baik bila kita mau menyikapinya dengan baik, semua tergantung dengan diri kita masing-masing bagaimana kita merespon dengan keadaaan dan mencoba “berteman” dengan keadaan. Selamat berkarya dari dalam rumah, percayalah karya kita tak akan pudar selama kita masih terus mau mengasahnya dan menerapkannya di segala kondisi dan keadaan.

Tangerang, 4 mei 2020

Salam

Penulis kece buku kece

Rahayu, M.Pd

#LombaMei2020

#dirumahaja

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post