Rahayu Widayanti

Guru SMP di pinggiran Kabupaten Wonogiri. Masih 'sangat baru' dalam hal menulis, membutuhkan banyak motivasi dan arahan......

Selengkapnya
Navigasi Web
10 alasan mengapa harus menulis buku

10 alasan mengapa harus menulis buku

Sebagai guru, Kegiatan menulis selalu melekat dalam keseharian kita. Namun, ternyata tidak semua guru bersedia untuk membuat tulisan menjadi sebuah buku yang layak dibaca kalangan luas.

Setidaknya ada 10 alasan yang dapat kita peroleh sebagai penulis buku:

1. Memperkuat daya ingat

Dengan menulis, sebenarnya justru membuat ingatan kita lebih kuat akan ilmu yang kita tulis.

2. Menambah wawasan

Seorang penulis dituntut banyak membaca untuk memperkaya konten tulisannya . Dari sini tentu saja wawasan penulis menjadi lebih berkembang luas.

3. Pikiran lebih terbuka

Ketika memutuskan untuk menulis buku, kita harus siap buku kita mendapatkan apresiasi, namun juga harus siap ketika mendapatkan kritik dari pembaca. Pikiran terbuka kita akan terlatih untuk menerima saran dan masukan, demi kualitas buku kita.

4. Sarana menyampaikan pemikiran

Pemikiran, ide, gagasan, akan lebih mungkin kita sampaikan melalui tulisan. Karena dunia menulis luas tanpa batas, tidak tersekat oleh ruang dan waktu.

5. Memiliki harga diri lebih tinggi

Seorang guru yang telah menulis buku, memiliki harga diri lebih tinggi, dan tentu saja lebih percaya diri. Penulis buku, telah memberikan bukti. Tidak sekadar teori, namun keteladanan. Dapat memberikan motivasi yeng lebih bermakna kepada siswa maupun rekan guru lainnya.

6. Memiliki branding pribadi

Kemampuan menulis buku tidak dimiliki oleh semua orang. Sesuatu yang jarang ini akan menjadi branding yang istimewa bagi guru. Dengan menulis buku, akan lebih mudah bagi guru untuk mendapatkan penilaian lebih dalam seleksi maupun lomba-lomba guru sebagai komponen portofolio.

7. Mengabadikan kenangan

Pengalaman berharga yang kita tulisakan menjadi cerita abadi dibandingkan sekedar kita simpan dalam bentuk foto.

8. Mendapatkan keuntungan finansial.

Buku yang berhasil diterbitkan akan memberikan keuntungan bagi penulis, baik dalam bentuk royalti maupun hasil penjualan langsung

9. Sebagai investasi masa depan

Buku kita yang dicetak berulang akan manjdi investasi bagi kita karena pembayaran royalti.

10. Mendapatkan pahala yang terus mengalir atas manfaat buku kita bagi orang lain.

Ketika buku yang kita tulis, bermanfaat bagi pembaca, maka kitapun akan mendapatkan pahala kebaikan atas manfaat buku kita.

Demikian 10 alasan menulis buku,semoga dapat menginspirasi!

(Peserta SAGUSABU Sukoharjo)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Super ibu... Teruslah menuliss

22 Oct
Balas

Terimakasih bu susi, semangat :)

22 Oct



search

New Post