Rahmadi Salman

Terus Menulis untuk Menginspirasi (Sebuah Tekad)...

Selengkapnya
Navigasi Web
Indahnya Perbedaan

Indahnya Perbedaan

INDAHNYA PERBEDAAN

Hasil Sidang Isbat Kementerian Agama Republik Indonesia telah disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas tadi malam dan menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023.

Sementara itu, ada beberapa ormas Islam dan kelompok berbeda dalam menetapkan 1 Syawal tersebut sehingga pada tahun ini terjadinya perbedaan hari lebaran atau Idul Fitri.

Secara fitrah manusia, berbeda itu biasa dan menjadi sebuah keragaman yang seyogianya menjadi rahmat dan memiliki makna tersendiri.

"Ikhtilafu ummati rahmatun" [perbedaan umatku adalah sebuah kasih sayang], demikian yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw.

Dalam menyikapi perbedaan dalam menetapkan 1 Syawal 1444 Hijiriah tersebut bukan ada landasan hukum atau dalilnya. Semuanya adalah benar dan tidak salah, yang salah adalah orang yang menyalahkan.

Oleh karena itu, tetaplah menjadi sebuah keberkahan bersama dan menjadi pembelajaran bagi generasi yang akan datang bahwa perbedaan itu benar-benar ada dan harus menjadi hikmah yang lebih bermakna demi kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan toleran.

Rumah Baca Tanah Laut, 21 April 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post