Rahma Tanjung

Guru di SMKN 1 Sitolu Ori, Nias Utara, Sumatera Utara....

Selengkapnya
Navigasi Web

Latihan Meresume Materi

Mengikuti kegiatan seminar online beberapa hari terakhir membuat aktivitas diatur sedemikian rupa. Karena seminar online yang diikuti mewajibkan peserta mengikuti minimal beberapa sesi dari sekian sesi yang dihadirkan. Ada tugas tambahan lainnya, yaitu membuat resume materi. Hal ini sebagai syarat pengajuan sertifikat dan juga sebuah aplikasi sebagai bonusnya. Karena sifat dasar manusia salah satunya yaitu penasaran, maka diikutilah kegiatan seminar online tersebut.

Ternyata, resume bukan sekedar resume. Ada ketentuan minimal lagi. Awal mengikuti, catatan kecil penuh dengan poin penting materi yang akan dikembangkan. Alhasil setelah diketik, baru seperempat dari jumlah kata yang menjadi ketentuan. Astaga benar-benar menguras energi. Mana jam tayang malam hari lagi. Jadilah di hari kedua strategi baru disusun. Yaitu dengan merekam dan menjepret materi.

Iseng-iseng akhirnya mencari tahu tentang resume. Dari KBBI, resume diartikan sebagai ikhtisar; ringkasan. Meresume berarti meringkas. Resume adalah sebuah ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan/karangan panjang yang dipersingkat dengan mengambil bagian pokok dan juga menyisihkan rincian serta ilustrasinya. Dan ringkasan awal hanya mampu tertulis seperempat saja.

Di hari kedua mulai terperbaiki, demikian di hari ketiga dan keempat. Akhirnya resume yang ditulis malah melebihi dari ketentuan minimal. Dengan menyimak dan mengembangkan pendapat terkait topik bisa membantu menyelesaikan tugas meresume materi.

***

Gunungsitoli, 25 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post