Rahmat Nurdin, M. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hijrah Imajinasi

Sebagian besar penyebab terjadinya maksiat karena membayangkan, menggambarkan sesuatu yang menyalahi aturan dalam berfikir atau imajinasi terlarang. Hijrah Imajinasi yang kita maksudkan adalah dimana sebelumnya berimajinasi lebih banyak yang negatif sekarang bagaimana imajinasi itu terkendali dan memberi manfaat untuk diri dan orang lain, paling kurang untuk diri sendiri.

Setiap kita bebas Berimajinasi selama itu masih sesuai dengan prinsip-prinsip berfikir. Imajinasi muncul dari apa yang telah dilihat, diraba dan dialami dalam kehidupan nyata.

Pengertian Hijrah telah banyak dibahas oleh berbagai kalangan umat islam mulai dari ulama, pakar keilmuan. Artinya pengertian dan makna hijrah itu terus berkembang dari masa ke masa, dan tentu saja memiliki makna yang beragam pula. Untuk mewakili tulisan ini, kita lihat pengertian hijrah dari KBBI.

Menurut KBBI, hijrah berasal dari bahasa Arab هِجْرَةٌ yang berati perpindahan. Kata ini berakar dari bahasa Arab hājara هَاجَرَ yang berarti berpindah. Secara khusus, pengertian hijrah didefinisikan sebagai perpindahan Nabi Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dari Makkah ke Madinah untuk menyelamatkan diri dari tekanan kaum kafir Quraisy ketika itu.

Jadi, secara umum dapat kita definisikan pengertian hijrah yaitu berpindah atau menghindar dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih baik, untuk keselamatan diri, kebaikan diri, dll. Hijrah juga berati perubahan sikap, tingkah laku, cara pandang, pola pikir ke arah yang lebih baik.

Saat ini kata hijrah memiliki makna yang lebih luas dan tidak hanya di maknai dengan berpindahnya Nabi dari kita Mekkah ke Madinah, setiap orang berhak memberikan makna hijrah selama masih dalam koridor berpindah, berubah kearah yang lebih baik yaitu kebaikan dunia dan akhirat.

Dalam tulisan pendek ini kita akan mencoba sedikit membahas apa yang menjadi topik bahasan kita "Hijrah Imajinasi" Imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang secara umum (Wikipedia)

Pikiran yang sering membayangkan hal-hal negatif, ini perlu dirubah dan hijrah kepada berfikir positif. Orang yang selalu membayangkan hal-hal buruk terjadi pada dirinya, maka sebagian besar hidupnya akan penuhi oleh rasa takut.

Membayangkan hal-hal negatif dalam pikiran, maka itulah yang akan diwujudkan, usaha dan gerak tubuh akan bekerja memenuhi keinginan itu. Oleh sebab itu, kita yang lebih tahu dengan cara kita berfikir, apakah berfikir yang positif atau sedang berfikir negatif.

Kalau kita menyadari sedang berfikir negatif, maka segeralah merubahnya, berpindah untuk memikirkan hal-hal yang positif....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang keren. Trims pencerahannya Pak. Salam literasi dan sehat selalu.

06 Aug
Balas



search

New Post