RAHMA YULIS

Mencintai Allah adalah rasa yang paling sempurna...

Selengkapnya
Navigasi Web
Badia Batuang

Badia Batuang

#Tantangan Gurusiana

# Hari ke-17

Meriam bambu atau dalam bahasa Minangkabau ‘Badia batuang’ merupakan salah satu permainan tradisional. Permainan ini dimainkan oleh anak laki-laki dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. Permainan ini populer pada anak-anak 90’an. Pada saat sekarang permainan ini sulit untuk ditemukan. Karena anak-anak lebih suka bermain gadget atau mercon yang sudah terbuat dari bahan kimia.

Hal berbeda dapat dirasakan ketika berada di Nagari Lunto. Permainan ini tetap terdengar di sela-sela heningnya malam. Meski virus corona melanda tidak menyurutkan niat para anak-anak nagari ini untuk bermain meriam bambu yang lebih dikenal ‘bodi-bodi botuang’. Ada yang berpendapat mudah-mudah corona takut mendengarkan letusan dari meriam bambu yang sangat memacu detak jantung.

Salah satu nilai dari permainan ini adalah nilai kebersamaan. Hal itu dapat dilihat dari mencari bambu bersama-sama, melakukan permainan secara bergantian, dan bersenda gurau bersama teman-teman. Namun tak jarang permainan ini membuat pusing masyarakat lanjut usia. Hal itu dikarenakan bunyinya yang menguncangkan dada. Tak jarang para ibu-ibu juga ikut marah. Kemarahan si ibu dikarenakan anak laki-lakinya menggunakan minyak tanah di dapur untuk bahan peledak dari meriam ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen. Pengen pulkam nak main badia batuang...Saya masih ikut main badia batuang....doeloe bangat. Tahun 1990 an Seruuuu

21 May
Balas

Iya pak seru, kalau saya hanya bisa lihat aja pak

22 May

Mantap Yulis

22 May
Balas

Mantap Yulis

22 May
Balas

Badia Batuang kami agiah namo kerennyo Mariam tomong

21 May
Balas

Keren juga namanya buk

22 May

Dikampung saya dulunya juga seperti ini....bodie bodie botuang

21 May
Balas

Wah sama ya buk

22 May

Jadi takana maso2 ketek. Main badia2 batuang tangah hari.

21 May
Balas

Wah mantap ibu

22 May

wkwkw jadi keingat masa kecil yang penuh inspiratif bu..

21 May
Balas

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May

Masa kecil yang bahagia bun

22 May



search

New Post