Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa, Mengapa dan Bagaimana Kurikulum Merdeka (1)
Keseruan game Kingdom Plantae mata pelajaran Biologi di kelas X MIPA1 SMA Negeri 14 Medan.

Apa, Mengapa dan Bagaimana Kurikulum Merdeka (1)

Pada rapat kelulusan siswa kelas 12 tanggal 5 Mei 2023 lalu, staf bidang kurikulum di sekolah kami menyampaikan bahwa pada tahun ajaran 2023/2024 nanti, kurikulum yang berlaku di SMA Negeri 14 Medan adalah Kurikulum Merdeka. Untuk ini tentunya para guru haruslah mempersiapkan diri dalam menghadapinya.

Bagi penulis sendiri meski telah banyak informasi terkait kurikulum baru yang diluncurkan oleh Menteri Nadiem Anwar Makarim ini, namun masih belum paham apa, mengapa dan bagaimana Kurikulum Merdeka. Siapa yang merdeka, gurunya atau siswanya? Semerdeka apa sehingga kurikulum ini dapat dijadikan rel dalam mendidik siswa ?

Tak ada jalan lain bagi penulis selain berselancar mencari informasi ataupun berdiskusi dengan sesama guru agar tak buta nantinya. Membaca banyak informasi untuk menambah ilmu dan menuliskannya untuk mengikat ilmu.

Pertanyaan pertama yang penulis cari jawabannya adalah Apa dan Mengapa Kurikulum Merdeka? Mencoba mencari jawaban dari berbagai sumber dan menuliskannya kembali, semoga menolong diri ini sebagai bekal memasuki tahun ajaran baru nantinya.

Berikut ini informasi yang penulis dapatkan. Seperti kita ketahui bersama, pandemi Covid-19 yang selama lebih kurang 3 tahun telah meluluhlantakkan sendi kehidupan terutama bidang pendidikan yang mengharuskan kita untuk bangkit dari keterpurukan. Tidak hanya siswa, bahkan guru pun merasakan bagaimana garingnya belajar daring selama pandemi.

Tidak bisa kita mungkiri pula akibat pandemi tersebut dunia pendidikan kita telah mengalami krisis pembelajaran cukup lama. Diperkuat dengan hasil studi PISA ( Programme for International Student Assessment ) yang menyampaikan rendahnya tingkat literasi siswa sehingga tidak mampu memahami bahkan bacaan sederhana sekalipun dan kesulitan menerapkan konsep matematika dasar. Dengan demikian dibutuhkan perubahan yang terstruktur dan berkelanjutan , melalui kurikulum sekolah salah satunya.

Kemendikbudristek pun mengembangkan Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk memulihkan pembelajaran dari krisis yang dialami anak-anak Indonesia. Pola belajar mengajar harus diubah walau tidak mudah.

Pada prinsipnya Kurikulum Merdeka adalah pendidikan yang berkeyakinan bahwa setiap siswa memiliki bakat dan minatnya masing-masing seperti yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara. Setiap siswa adalah unik. Harapannya dengan menerapkan kurikulum ini, bakat dan potensi siswa dapat digali dan dikembangkan sehingga akan dapat mengejar ketertinggalan pembelajaran pada masa pandemi secara efektif.

Pada saat ini, setiap satuan pendidikan masih bisa menggunakan Kurikulum 2013 sembari menyiapkan diri untuk menerapkan Kurikulum Merdeka secara bertahap berdasarkan kesiapan masing-masing.

Bersambung...

#merdekabelajarmerdekamengajar#

#belajarsepanjanghayat#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Langit Biru di Sekolahku, SMA Negeri 14 Medan, 24 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasan yang keren

24 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih untuk kunjungan dan apresiasinya, bunda. Salam literasi. Semoga bunda sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah.

24 May

Mantap sekali kupasannya bu

24 May
Balas

Alhamdulillah wa jazakallah untuk kunjungan dan apresiasinya. Semoga Pak Guru swhat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah.

25 May

Sama sama bu...ditunggu ulasan berikutnya

26 May
Balas



search

New Post