Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa, Mengapa dan Bagaimana Kurikulum Merdeka (2)
Asyiknya siswa kelas X MIPA1 mengisi TTS Kindom Animalia dalam mata pelajaran Biologi.

Apa, Mengapa dan Bagaimana Kurikulum Merdeka (2)

Kurikulum Merdeka yang sebelumnya dikenal sebagai Kurikulum Prototipe untuk Sekolah Penggerak, dimaksudkan untuk mengasah bakat dan potensi anak dengan cara fokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Sebelumnya kurikulum ini sudah dilakukan uji coba pada 2.500 sekolah penggerak. Dengan harapan seiring berjalannya waktu jumlah sekolah yang menerapkan kurikulum baru ini semakin bertambah mulai dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

Menurut Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim bahwa konsep Kurikulum Merdeka sangat mendukung peserta didik untuk mendalami minat dan bakatnya. Penerapan Kurikulum Merdeka merupakan langkah untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.

Adapun perubahan kurikulum sebelumnya menjadi Kurikulum Merdeka, antara lain :

1. Pada jenjang SD :

· Adanya penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS.

· Mata pelajaran Seni dijadikan mata pelajaran keterampilan.

2. Pada jenjang SMP :

· Menjadikan mata pelajaran Informatika menjadi mata pelajaran wajib.

· Mata pelajaran Prakarya bersama mata pelajaran Seni ( Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater dan Seni Musik) menjadi mata pelajaran pilihan.

3. Pada jenjang SMA :

· Tidak ada penjurusan.

· Di kelas 11 dan 12 siswa akan memilih mata pelajaran kelompok pilihan sesuai minat dan bakat masing-masing yang akan dipandu oleh guru Bimbingan Konseling.

· Di kelas 12 siswa boleh mengganti pilihan mata pelajaran, namun tidak disarankan.

Perubahan lainnya adalah siswa merdeka memilih mata pelajaran yang diminatinya. Siswa tidak lagi harus mempelajari semua mata pelajaran bahkan yang tidak diminatinya seperti pada kurikulum sebelumnya.

Berikut ini, ilustrasi pemilihan mata pelajaran di kelas fase F (kelas 11 – 12).

Di Kurikulum Merdeka tidak ada penjurusan pada tingkat SMA, jadi jika siswa ingin kuliah pada Jurusan Kedokteran maka mata pelajaran yang harus diambil di kelas 11 – 12 adalah :

1. Kelompok Mata Pelajaran Umum ( Wajib diambil), yaitu :

· Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

· Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

· Bahasa Indonesia

· Bahasa Inggris

· Matematika

· Seni (Bisa pilih salah satu di antara Seni Rupa, Tari, Musik dan Teater)

· Pendidikan Jasmani

2. Kelompok Mata Pelajaran IPA :

· Biologi

· Kimia

3. Kelompok Mata Pelajaran IPS :

· Sosiologi

4. Kelompok Mata Pelajaran Bahasa dan Budaya :

· Bahasa Inggris ( Tingkat Lanjut)

Pada Kurikulum Merdeka, jenjang kelas dibagi menjadi 6 fase dengan pembagian sebagai berikut :

· Fase A : Kelas 1 – 2

· Fase B : Kelas 3 – 4

· Fase C : Kelas 5 – 6

· Fase D : Kelas 7 – 9

· Fase E : Kelas 10

· Fase F : Kelas 11 – 12

Bersambung...

#merdekabelajarmerdekamengajar#

#belajarsepanjanghayat#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Langit Biru di Sekolahku, SMA Negeri 14 Medan, 25 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bunda

26 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih untuk kunjungan dan apresiasinya, Bunda. Salam Merdeka. Semoga bunda dan keluarga sehat, bahagia serta sukses selalu. Barakallah.

26 May

Projek p5 nya juga menjadi bagian dari kurikulum merdeka ......Salam literasi bunda

26 May
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih untuk kunjungan dan informasinya dalam melengkapi tulisan ini, Bunda. Semoga bunda dan keluarga sehat, bahagia serta sukses selalu. Barakallah.

26 May



search

New Post