Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Gelar Kegiatan Tingkatkan Minat Baca
Dr. Adlan, S.Pd.,M.M., dalam acara pembukaan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca di SMP Negeri 1 Medan, 21 November 2022. (Sumber : RaRa)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Gelar Kegiatan Tingkatkan Minat Baca

Bertempat di SMP Negeri 1 Medan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan menggelar acara Pelatihan Menulis untuk Guru dengan tujuan sebagai pembinaan dan pengembangan minat baca. Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Dr. Adlan, S.Pd., M.M., pada Senin 21 November 2022.

Acara pembukaan yang dipandu oleh Elfrida Sijabat S. Sos., M.I. Kom, diawali dengan pembacaan doa untuk memohon dan bermunajat kepada sang khalik agar kiranya acara dapat terlaksana dan mencapai tujuan seperti yang diharapkan.

Selanjutnya untuk tetap menjaga rasa nasionalisme, lagu Indonesia Raya pun dinyanyikan bersama-sama yang kemudian dilanjutkan dengan bergemanya Mars Perpustakaan yang kian menambah bergeloranya tekad untuk menghidupkan literasi sebagai modal kuat untuk mengisi pembangunan bangsa.

SMP Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Bunga Asoka Nomor 6, Asam Kumbang Kecamatan Medan Selayang, selaku tuan rumah tak mau ketinggalan menunjukkan keramahtamahannya dalam menyambut tamu yang hadir. Dengan menampilkan tarian Profil Pelajar Pancasila, para siswi di bawah binaan kepala sekolah Lisnawati Susman tersebut seakan memastikan bahwa Profil Pelajar Pancasila telah membudaya di sekolah favorit Kota Medan itu.

Seterusnya, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Soeflie Putera, S.Sos., M.M., membacakan laporan kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada 21 – 24 November2022. Peserta kegiatan adalah guru-guru SMP kota Medan yang tergabung dalam sub rayon 1 – 45. Setiap sub rayon mengirimkan 10 orang guru. Sehingga seluruh peserta mencapai jumlah 450 orang. Sedangkan narasumber pada kegiatan ini dipercayakan kepada tim PPPSU (Perkumpulan Pendidik Penulis Sumatera Utara).

Dalam acara ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga dengan bangga mempersembahkan geliat literasi yang kuat dengan menampilkan Doharni Setiawati, S. STP.,M.Si untuk membacakan puisi yang diperuntukkan bagi para guru. Darah guru yang mengalir di dalam tubuh sang pembaca puisi membuat energi dahsyat menyebar ke seluruh ruangan dan merasuki dada peserta sehingga menginspirasi guru untuk menjalankan tugas mulianya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan yang diwakili oleh Kabid PAUD, mengingatkan akan datangnya era Indonesia Emas 2045, di mana pada saat itu adanya bonus demografi yang harus disongsong dengan kekuatan super power yang semua itu harus diawali dengan minat baca yang tinggi.

Sebagai agen perubahan, guru harus mengawali hal ini dari dirinya sendiri agar peserta didik dapat meneladani apa yang dilakukan gurunya. “Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang sangat baik dari dinas perpustakaan dengan dinas pendidikan.” Demikian Ismail Marzuki mengakhiri kata sambutannya.

Acara pamungkas adalah kata sambutan oleh Dr. Adlan, S.Pd., M.M., sekaligus membuka secara resmi acara Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca. Dalam kata sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan itu menghimbau untuk selalu menjaga kesehatan karena Covid-19 belum reda sepenuhnya. Diingatkan pula bahwa zaman terus berubah. Untuk menghadapi perubahan itu, kita harus membaca. Karena dengan membaca kita dapat mendapatkan informasi dengan baik. Apalagi di zaman sekarang ini, membaca sangat mudah dilakukan dan sangat dinamis. Kita tidak hanya bisa membaca melalui buku, tetapi kemajuan teknologi membuat kita bisa membaca di mana dan kapan saja. Dari data kunjungan di perpustakaan Kota Medan menunjukkan bahwa pengunjung yang membaca secara tradisional jumlahnya berimbang dengan pembaca digital.

Hal penting lainnya yang disampaikan adalah bahwa kita harus bisa membaca apa yang tersurat dan tersirat. “Sebagai seorang guru harus tetap semangat menjalankan roda literasi di sekolah. Jangan mudah lelah dan menyerah karena guru pekerjaan yang mulia.”

Setelah dibuka secara resmi maka kegiatan pembinaan dan pengembangan minat baca diserahkan kepada tim PPPSU sebagai narasumber. Jhonni Marbun, S.Pd., M.Si., sebagai Sub Kordinator Lingkup Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, setiap harinya mendampingi berlangsungnya kegiatan hingga produk pelatihan nantinya diperoleh. Ada reward yang diberikan pada tim terbaik selama pelatihan berlangsung. Diharapkan melalui kegiatan ini, para guru termotivasi dan terinspirasi untuk menghidupkan gerakan literasi di sekolahnya masing-masing.

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

#dinasperpustakaandankearsipankotamedan#

#pppsukreatifberkaryaberjaya#

#gerakanliterasisekolah#

Langit Biru di Kotaku, Medan 23 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu Raihana, salam sukses ya Bu

23 Nov
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih untuk kunjungan dan apresiasinya, Bu Zuyyinah. Salam literasi dari Medan. Semoga Ibu sehat, bahagia, dan sukses selalu. Salam Medan Berkah dari Kota Kami.

23 Nov

Keren reportasenya. Semoga sehat dan sukses selalu Bu.

25 Nov
Balas

Alhamdulillah wa jazakillah..., Bunda. Terima kasih sudah mampir di reportase sederhana ini. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu. Salam literasi dari Medan. Barakallah.

06 Dec



search

New Post