Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Inilah Cerita Hati Adirai (Season 2)  Derana Wulan
Diandra Zaskya, siswi SMP Budisatrya Medan kelas 9-3, penulis cerpen Derana Wulan. (Sumber : Diandra)

Inilah Cerita Hati Adirai (Season 2) Derana Wulan

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) harus digalakkan. Sehalus apa pun benang literasi harus ditegakkan. Tak peduli ada dukungan atau tidak. Berawal dari tulisan-tulisan kecil siswa, semoga menjadi pemantik dalam menggelorakan semangat literasi. Berikut ini, satu lagi karya siswa SMP Budisatrya. Dengan judul “Derana Wulan”, Diandra Zaskya menggoreskan karyanya.

DERANA WULAN

Oleh : Diandra Zaskya

Hallo, namaku Diandra Zaskya, biasa dipanggil Diandra. Sekarang Aku duduk di kelas IX-3, SMP Budisatrya Medan. Semoga suka sama ceritaku yaa. Selamat Membaca.

Sore ini, Wulan mulai bersiap-siap untuk berangkat ke kota. Dengan bantuan keluarga dan teman-temannya, Wulan pun dapat membawa barang-barang yang cukup banyak, karena dia akan tinggal di kota dalam waktu yang lama. Wulan berangkat ke sana bukan tanpa tujuan, melainkan demi pendidikan. Ibu menyuruh Wulan untuk melanjutkan sekolah menengah atas di kota. Ibu merasa pendidikan di kota jauh lebih bagus dibandingkan dengan di kampung mereka.

Sebenarnya, berat rasa hati Wulan meninggalkan kampung tercintanya. Berbagai kenangan telah terlukis indah di kampung kelahirannya. Ada kenangan masa kecil dan kenangan bersama teman-temannya. Namun, Wulan menepis semua perasaan yang mengganggu dirinya, demi pendidikan dan cita-cita Wulan rela jika harus berjuang dan tinggal sendiri di kota.

Beberapa bulan telah Wulan lewati. Selama di kota, Wulan banyak bertemu orang-orang baru, dan pengetahuan baru tentunya. Awalnya, Wulan merasa kesulitan tinggal di kota. Namun, karena tekad dan niat yang kuat Wulan mampu membiasakan dirinya. Wulan pun mulai menjalani hari-harinya selayaknya anak seusianya.

Berangkat sekolah lalu kembali ke rumah, belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Wulan banyak menghabiskan waktunya untuk belajar, karena Wulan merasa dirinya harus memanfaatkan waktu yang ada, Wulan meninggalkan kampung halamannya demi menempuh pendidikan di kota jadi Wulan pun jarang nongkrong-nongkrong seperti anak muda lainnya.

Setiap Wulan ingin melakukan itu, Wulan langsung teringat ibu dengan segala perjuangannya. Wulan tak tega jika harus mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Apalagi jika mengingat ayah Wulan telah meninggal saat Wulan duduk di bangku SMP. Jadi, selama ini Ibu yang membiayai sekolah dan hidup keluarganya.

Siang ini, hujan turun. Meskipun tidak terlalu deras, namun dapat membuat para orang-orang yang berada di luar rumah berteduh. Saat ini Wulan di rumah. Memandangi rintik hujan yang jatuh membasahi kaca jendelanya, Wulan duduk ditemani teh hangat yang baru saja dia seduh. Wulan merenung dan mengingat semua kejadian dan peristiwa yang telah terjadi di hidupnya. Suka dan duka tentunya, namun Wulan bangga pada dirinya karena mampu melewati semua itu. Tetapi tanpa Wulan disadari, bulir air mata telah turun dari mata indahnya. Lalu dia bermonolog dengan dirinya sendiri, "Bu... Wulan baik-baik saja di sini. Wulan hanya butuh doa ibu sebagai penyemangat Wulan. Semoga doa ibu selalu menyertai Wulan ya bu..."

#edisigerakanliterasidisekolah#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Langit Biru di Sekolahku, SMP Budisatrya Medan, 31 Oktober 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post