Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Kriya Fest Sumatera Utara  2023 Mendukung UMKM
Cuolikan suasana pembukaan Kriya Fest Sumut 2023

Kriya Fest Sumatera Utara 2023 Mendukung UMKM

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara menggelar acara Kriya Fest Sumatera Utara 2023 di Tiara Convention Hotel Jalan Cut Mutia No.1 Medan. Acara yang dihelat selama tiga hari yaitu Selasa 21- Kamis 23 Februari 2023 ini, dibuka oleh Ny. Nawal Lubis selaku Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara didampingi ketua harian Muliadi Sumatupang.

Sebagai provinsi yang kaya dengan sumber daya alam dan keunikan-keunikan budaya daerah, maka sektor kerajinan (kriya) menjadi bagian yang penting dalam mendukung pemulihan perekonomian setelah pandemi. Dekranasda Sumatera Utara berupaya untuk bisa mengelola seoptimal mungkin kekayaan alam tersebut sebagai harapan menjadikan ekonomi kreatif sebagai sektor yang akan menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Sumatera Utara khususnya dan secara nasional umumnya.

Ada banyak produk yang telah dihasilkan oleh pelaku ekonomi kreatif dalam dukungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Sumatera Utara. Dekranasda Sumut berupaya memberikan wawasan dan terobosan serta menguatkan “Branding Nasional” untuk mencapai keberhasilan pemasaran produk kerajinan daerah ke tingkat yang lebih tinggi. Komitmen ini mengharuskan Dekranasda Sumut untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan industri kerajinan yang modern dan relevan dengan gaya hidup masyarakat urban yang aktif dan dinamis.

Produk-produk unggulan kerajinan dari Kabupaten/Kota Sumatera Utara seperti kain tenun songket, ulos, anyaman, ukiran, alas kaki dan berbagai produk kerajinan lain, seluruhnya difasilitasi dan dibina oleh Dekranasda agar dapat mengembangkan produknya sehingga berdampak bagi perbaikan ekonomi dan membuka lapangan kerja serta peluang-peluang usaha.

Kriya Fest Sumut 2023 yang mengusung tema Cipta Karya, Daya Kriya, dan Gaya Kriya, dihelat sebagai bentuk dukungan pemerintah provinsi Sumatera Utara terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan taraf perekonomian untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara. Ajang Kriya Fest ini juga sebagai upaya agar masyarakat dapat memperoleh informasi tentang hasil karya dan produk khas daerah sebagai kearifan lokal.

Lebih jauh lagi karena sebagian besar daerah Sumatera Utara merupakan bagian destinasi wisata yang strategis, tentunya hal ini sangat mendukung dan membuka peluang besar bagi pengembangan produk-produk khas daerahnya.

#sumutbemartabat#

#ciptakaryadayakriyagayakriya#

#tingkatkandankembangkankearifanlokal#

#edisibacalingkungan#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Tiara Convention Hall, Kriya Fest Sumut 2023, 22 Februari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

23 Feb
Balas

Alhamdulillah. Tetima kasih untuk kunjungan dan apresiasinya, Pak. Salam literasi dari Medan. Semoga bapak sehat dan sukses selalu. Barakallah.

23 Feb



search

New Post