Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Langit Biru di Sekolahku
Suasana seminar pendidikan oleh KGBB14 di SMA Negeri 14 Medan.

Langit Biru di Sekolahku

Sejak dibentuknya Komunitas Guru Belajar Bersama (KGBB) 14 di SMA Negeri 14 Medan di awal tahun pelajaran 2023-2024, kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru kerap dilakukan. Telah menjadi kesepakatan bahwa KGBB 14 menggelar kegiatannya setiap dua pekan sekali di hari Jumat. Sesekali jadwal ini bisa bergeser karena adanya kegiatan yang lain. Namun kegiatan ini tetap digelar.

Jumat 1 Maret 2024, KGBB 14 menghelat kegiatan dengan narasumber-narasumber muda yang energik siap menebarkan energi positifnya ke seluruh peserta. Dibuka oleh Debora Gultom, S.Pd. sebagai moderator yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, menyampaikan tertib acara dan 4 narasumber yang akan berbagi praktik baik sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Narasumber pertama adalah Susylawati Sinambela, M.Pd., guru Pembatik yang juga staf kurikulum SMA Negeri 14 Medan dengan piawai berbagi kepada guru-guru tentang bagaimana menerapkan aplikasi Quizizz agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Setelah menjelaskan apa dan bagaimana Quizizz, praktik langsung yang beliau gelar membuat guru-guru terpacu untuk langsung terlibat penerapan aplikasi ini. Dengan teknik kompetisi, guru pengampu mata pelajaran matematika ini telah berhasil membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

Pada saat narasumber ke-2 yaitu Ade Syafrina,S.Pd., menyampaikan materinya mengenai aplikasi Worldwall, kemajuan teknologi ini pun mampu memesona. Keterlibatan dan minat belajar siswa berhasil ditingkatkan. Dalam penggalan video yang ditampilkan narasumber, menjadi bukti tingginya minat siswa untuk mengikuti pelajaran dengan aplikasi ini. Begitu pun guru-guru yang mengikuti seminar ini, juga menunjukkan atensi yang tinggi.

Kegiatan besutan KGBB 14 ini ditutup dengan penampilan dua orang guru BK yaitu Utami Azrani, S.Psi dan Syafarina A Nasution, S.Psi yang menyampaikan tentang Regulasi Emosi Guru dalam Pembelajaran. Materi yang disampaikan menjadi bekal bagi guru dalam mengelola emosi dengan baik.

Kegiatan di atas menunjukkan bahwa seorang guru tidak boleh berhenti belajar. Perkembangan zaman yang sangat berdampak pada dunia pendidikan menuntut seorang guru untuk bisa adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Seorang guru harus terus belajar bagi pengembangan ilmu dan keterampilan yang dimilikinya sehingga kompetensi mengajarnya pun semakin meningkat pula.

Kegiatan besutan KGBB 14 ini, sangat berdampak positif bagi kompetensi guru mengingat indikator keberhasilan seorang guru salah satunya adalah mampu mengelola kelas dengan baik. Meski tidak ada aturan baku yang dapat dijadikan indikator keberhasilan seorang guru, namun secara umum dari tingginya partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar sehingga berdampak pada tingginya prestasi belajar siswa, semua ini merupakan petunjuk bahwa seorang guru telah berhasil mengajar dengan baik.

Sejatinya, seorang guru harus mempersiapkan profesinya sebagai tenaga pendidik yang dapat diandalkan, memiliki integritas dan menjadi teladan bagi siswa dalam setiap perilakunya. Guru dengan profesional yang tinggi mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa selalu semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Semua kegiatan yang dilakukan di atas adalah bagian dari upaya untuk mewujudkan harapan langit biru di sekolahku.

Semoga.

#edisikuatkanhati141#

#kgbb14medan#

#longlifeeducation#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Langit Biru di Sekolahku, SMA Negeri 14 Medan, 1 Maret 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat bunda

02 Mar
Balas

Alhamdulillah. Insya Allah tetap semangat, Bun. Terima kasih untuk kunjungannya. Salam literasi dari Medan. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah.

05 Mar

Mantap

01 Mar
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih untuk kunjungannya di tulisan sederhana ini. Salam literasi. Semoga ustadz sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah.

05 Mar



search

New Post