Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Larangan Menzalimi Diri Sendiri
Suasana pengajian PTM SMA Negeri 14 Medan. (Sumber : RaRa)

Larangan Menzalimi Diri Sendiri

Pengajian PTM SMA Negeri 14 Medan merupakan kegiatan rutin bagi guru-guru muslim yang dilaksanakan setiap bulannya. Pengajian untuk bulan Januari 2023 ini adalah giliran dari rekan guru Lasma Rohani Siregar, S.Pd yang dilaksanakan pada Kamis 26 Januari 2023 di Mushollah Nurul Falah SMA Negeri 14 Medan. Bertindak sebagai penceramah pada pengajian kali ini adalah Al-ustaz Salman Al Fariz Siregar, S.H.

Mengawali tausiahnya, al-ustaz mengingatkan agar kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah yang telah banyak kita nikmati. Bersyukur merupakan hal yang paling utama agar terhindar dari penyakit jasmani dan rohani. Sakit jasmani tentunya sama kita mengetahuinya adalah berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh kita apakah karena bakteri, virus ataupun kelebihan zat-zat tertentu. Sedangkan sakit rohani akan menumbuhkan rasa malas beribadah kepada Allah dan lalai dalam melakukan berbagai kebaikan.

Al-ustaz juga mengapresiasi dan memotivasi kegiatan khatam Al-qur’an yang dilakukan setiap bulannya. Kegiatan khataman ini memang sudah menjadi kebiasaan di PTM SMA Negeri 14 Medan yang digelar setiap kali sebelum tausiah pada saat pengajian. Al-ustaz menegaskan dengan lazimnya mengkhatamkan bacaan Al-qur’an keberkahan akan diturunkan Allah SWT kepada kita. Apalagi di zaman sekarang ini dengan kemajuan teknologi yang begitu memanjakan membuat kita sering lalai membaca Al-qur’an. Pembagian bacaan juz setiap bulannya juga menjadi penyemangat bagi kita untuk membaca Al-qur’an. Tentunya dalam hal ini kita harus amanah menyelesaikan bacaan yang sudah ditetapkan bagi kita sebelum acara khataman dilaksanakan.

Al-qur’an adalah kalam Allah SWT yang apabila dibaca akan mendatangkan kebaikan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-qur’an maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmizi no. 16469)

Dalam hadis yang lain Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al-qur’an karena sesungguhnya ia akan datang memberi syafaat bagi pembacanya di hari Kiamat.” (HR.Muslim)

Berikutnya, ceramah diisi dengan materi fadilah bulan Rajab sebagai salah satu bulan haram. Di dalam surat At-Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman :

· اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya :

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Al-ustaz menjelaskan bahwa ada empat bulan yang disebut sebagai bulan haram di dalam kalender hijriah. Dalam keterangan sebuah hadis disebutkan bahwa empat bulan tersebut adalah Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

"Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana kondisinya, ketika Allah menciptakan langi dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan, di antaranya empat bulan haram. Tiga bulan berturut-turut Dzulqa'dah, Dzuljijjah, Muharram, dan satu bulan antara Jumadil Akhir dan Sya'ban". ( HR. Bukhari Muslim)

Firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 36 yang mengatakan bahwa hendaknya kita jangan menzalimi diri sendiri di dalam bulan-bulan haram ini. Zalim kepada diri sendiri dimaksud adalah banyak berbuat dosa di dalam bulan-bulan haram tersebut. Karena pada bulan-bulan ini, Allah melipat gandakan pahala bagi hamba-Nya berbuat kebaikan demikian pula jika melakukan perbuatan dosa maka Allah lipat gandakan pula balasannya.

Bertepatan saat ini telah memasuki bulan Raja, adapun amalan yang bisa kita lakukan antara lain :

1. Mengamalkan doa :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya : “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukan kami dengan bulan Ramadhan.”

2. Perbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

3. Perbanyak puasa, sebagaimana juga sebagai ajang latihan dan mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Beramal di bulan Rajab pahalanya berlipat ganda. Mari rebut kesempatan ini dengan melakukan berbagai kebaikan. Jangan sampai kita menzalimi diri sendiri sehingga kita merugi.

Referensi pendukung :

https://tafsirweb.com/3052-surat-at-taubah-ayat-36.html

https://www.idntimes.com/life/inspiration/fajar-laksmita-dewi-1/doa-bulan-rajab

https://www.liputan6.com/islami/read/5186210/doa-rasulullah-saw-saat-memasuki-bulan-rajab-yuk-amalkan-dan-peroleh-keutamaannya

#edisipengajianptmsman14medan#

#janganzalimidirisendiri#

#fadillahrajab#

#tingkatkanamalibadah#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Langit Biru di Sekolahku, SMA Negeri 14 Medan, 27 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post