Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022
Sumber : 30 link twibbon (tribun).

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022

Mengusung tema “Pahlawanku, Teladanku” Indonesia kembali memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022. Tema ini diangkat dengan harapan agar seluruh rakyat Indonesia dapat mengambil suri teladan dari para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa, raga dan harta demi mempertahankan kemerdekaan bangsa. Semangat juang dari para pahlawan ini kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi anak bangsa dalam melanjutkan perjuangan dengan mengisi pembangunan bangsa.

Sejarah Hari Pahlawan ini berawal dari pertempuran dahsyat yang terjadi antara tentara Indonesia dengan pasukan Inggris di Surabaya. Terbunuhnya pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur Brigadir Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1946 dalam bentrokan bersenjata, memicu kemarahan Inggris sehingga mengeluarkam Ultimatum 10 November 1945 oleh Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh, pengganti Mallaby.

Ultimatum 10 November 1945 meminta Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI ( Allied Forces Netherlands East Indies) dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration). Semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945 pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan. Ultimatum itu juga berisi ancaman apabila orang Indonesia tidak mematuhinya maka akan diserang dari darat, laut dan udara. Rakyat Surabaya tidak mematuhi ultimatum ini, sehingga pertempuran besar pun terjadi demi mempertahankan kemerdekaan bangsa. Dalam catatan sejarah, sekitar 20.000 rakyat Surabaya gugur, 150.00 orang terpaksa harus meninggalkan Surabaya dan 1600 prajurit Inggris tewas, hilang dan luka-luka. Sehingga peristiwa ini dicatat sebagai Hari Pehlawan.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya. Sejarah mengungkapkan tak mudah merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Penuh deraian air mata dan bersimbah darah. Tak terbilang korban harta, jiwa dan raga. Semua dipersembahkan demi kemerdekaan bangsa.

Kini, tak harus memanggul senjata. Berjuang dengan keahlian di bidangnya masing-masing adalah niscaya. Menanamkan rasa nasionalisme yang kokoh di dalam dada. Jika mau menyadari, hanya dengan melaksanakan upacara bendera tak layak disandingkan dengan pengorbanan para pahlawan. Namun, paling tidak di dalam dada ini selalu mengenang dan menghargai perjuangan mereka dan terinspirasi serta termotivasi untuk mengisi pembangunan negeri ini.

SELAMAT HARI PAHLAWAN

Surabaya membara tepat pada 10 November 1945

Energi pahlawan memancar ke seluruh persada

Langit biru menjadi kelabu tertutup asap mesiu

Api amarah berkobar membakar kalbu

Mortir prajurit pecah di tengah serapah

Air mata dan darah basahi jiwa

Tak akan terbayar pengorbanan sepenuh jiwa raga demi tetap merdeka Indonesia tercinta

Hari demi hari dilalui bersimbah darah

Anak bangsa tak sudi penjajah kembali berkuasa

Riuh tangis berbalut duka nestapa

Indonesia berdaulat adalah tekad yang nyata

Para pahlawan berjuang tanpa lelah

Aroma darah menyeruak penuhi atmosfer persada

Hanya nasionalisme sejati yang akan selalu meronta

Lawan penjajah tanpa gentar meski senjata apa adanya

Ancaman pasukan sekutu dari darat, air dan udara

Wajah pertiwi dipenuhi semburat merah membara

Allah satu-satunya tempat menggantungkan asa setelah berusaha

Nusa dan bangsa damai sejahtera pasti kan tercipta

Disarikan dari berbagai sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2022/11/09/125000265/peringatan-hari-pahlawan-10-november-2022-logo-dan-sejarahnya?page=all

https://tirto.id/tewasnya-jenderal-mallaby-yang-memicu-pertempuran-10-november-1945-b3Gv

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Aubertin_Mallaby#:~:text=Aubertin%20Walter%20Sothern%20Mallaby%20atau,dan%20meledaknya%20Pertempuran%2010%20November

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5804541/sosok-penembak-jenderal-mallaby-pemicu-pertempuran-10-november-1945-di-surabaya

#edisiharipahlawan#

#pahlawankuteladanku#

#semangatmengisipembangunanbangsa#

Perisai Pribumi, Pahlawanku Teladanku, 10 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post