Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 dan SMP BUDISATRYA Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
SMA Negeri 14 Medan Peringati World Cleanup Day 2022
Suasana olah raga Jumat pagi di SMA Negeri 14 Medan, bertepatan dengan peringatan World Cleanup Day 2022 (Sumber : Hary)

SMA Negeri 14 Medan Peringati World Cleanup Day 2022

Kegiatan Jum’at Bersih sudah menjadi program rutin  yang dilaksanakan  setiap pekannya di SMA Negeri 14 Medan. Ada banyak tujuan yang ingin dicapai dalam praktik baik ini. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadi prioritas utama dalam pencapaian tujuannya.

Salah satu tujuannya  adalah siswa terbiasa bekerja sama dan bergotong royong yang merupakan elemen dari Profil Pelajar Pancasila, kiranya bisa terimplementasi melalui kegiatan ini. Dalam jangka panjang tentunya hal ini akan menjadi budaya sekolah.  Selain tentunya tujuan yang lain adalah terciptanya lingkungan yang bersih, indah dan nyaman yang sangat mendukung berlangsungnya proses pembelajaran.

 

Jumat 23 September 2022 yang merupakan Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day), diperingati di SMA Negeri 14 Medan dengan penuh semangat. Dimulai dengan olah raga pagi yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, diharapkan akan menghasilkan kebugaran dan membangkitkan semangat kerja. Di bawah sinar sang surya yang cerah, diiringi dengan alunan irama lagu  daerah  Sumatera Utara semakin menambah ceria suasana. 

Setelah keringat pun membasahi tubuh sebagai indikasi proses metabolisme berlangsung optimal, beberapa  waktu diberikan   untuk beristirahat. Setelah itu, siswa yang didampingi oleh wali kelasnya masing-masing melaksanakan aktivitas Jumat Bersih sebagai mana biasanya. Ajang ini juga menjadi “momen indah” bagi wali kelas untuk meningkatkan kebersamaan di kelasnya. 

 

Para siswa  pun berbagi tugas. Ada yang mengangkat kursi, menyapu, mengepel, membersihkan jendela dan membuang gulma yang tumbuh pada tanaman hias di depan kelas. Tak lupa mereka juga merapikan kembali gorden yang letaknya mulai tak menentu. 

Tidak mau ketinggalan, tenaga administrasi dan tata usaha juga melakukan “bersih-bersih” di lingkungan kantor mereka. Dengan dibersihkannya masing-masing kelas, dari satu ruang ke ruang yang lain sambung menyambung, pada akhirnya keseluruhan kelas dan lingkungan sekolah menjadi bersih. Sebuah bentuk gotong royong yang sangat apik dan harus dilestarikan.

 

Sejatinya kegiatan kebersihan ini tak hanya seremonial belaka. Lingkungan yang bersih harus diwujudkan sebagai kebutuhan warga sekolah. Ada tidaknya momen tertentu, membersikan lingkungan adalah niscaya.

Lingkungan yang bersih dan nyaman menjadi kewajiban bagi warga sekolah untuk mewujudkannya mengingat selama lebih kurang 6 jam kita melakukan aktivitas di sekolah.

 

SELAMAT WORLD CLEANUP DAY

Semoga kita semua sehat-sehat selalu.

 

 

#edisibacalingkungan#

#savelingkungansekolah#

#tetapsemangatdansehatselalu#

 

Langit Biru di Sekolahku, SMA Negeri 14 Medan, 23 September 2022

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post