Ramadhianty

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..... Salam kenal sahabat literasi semua... Perkenalkan saya: Ramadhianty, SS Bertugas di SMKN 2 Solok, Kota Solok...

Selengkapnya
Navigasi Web
Beef Teriyaki Lada Hitam

Beef Teriyaki Lada Hitam

#Tagur187

Beef Teriyaki Lada Hitam..

Transformasi digital dalam pembelajaran bukan hal yang baru di kalangan peserta didik. Bukan hal yang aneh bagi peserta didik ketika belajar menggunakan gawai meski tidak kita pungkiri kadang gawai yang mereka bawa digunakn untuk bermain game online.

"Ibu ada tugas membuat video prakarya dari Bu Laura",kata Si Neng. Panjang lebar dia menjelaskan kalau tema videonya tentang proses pengolahan bahan mentah jadi makanan. Setiap kelompok ada lima siswa yang sudah ditentukan bahan mentahnya.vNeng kebagian bahan mentahnya daging. "Kita bikin apa ya Bu?",tanya si Neng . Ku sarankan bikin dendeng kuah balado. Tapi usul itu ditolaknya dengan alasan pasti teman-temannya dari kelompok lain nikin menu dendeng.

Akhirnya kita sepakati bahan mentah daging yang mau di olah itu dengan menu pilihan " Beef Teriyaki Lada Hitam". Disiapkan dulu bahannya sebagai berikut:

Daging has dalam dipotong tipis seperti untuk dendeng 500gr

Bawang bomba ukuran sedang 1 buah

Bawang merah 4 siung

Bawang putih 2 siung

Daun bawang 4 batang

Kecap manis secukupnya

Saos Teriyaki secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap rasa

Lada hitam 1/2 sachet

Minyak goreng secukupnya....

***

Sambil belajar memasaknya, pembuatan video pun dilakukan. "bu kasih tau aja, gak usah dibantu",pinta si neng. Mulailah kita eksplorasi, semua bawang diiris tipis-tipis. Kemudian disiapkan wajan untuk mengeksekusi si dagingnya.

Cara membuat:

Daging dipotong tipis. Kemudian dicuci bersih dan sisihkan

Iris bawang Bombay, bawang merah dan bawang putih.

Batang Daun bawang dicuci dan diiris potong serong.

Masukkan minyak sayur secukupnya. Tumis bawang merah hingga layu dan wangi. Kemudian lanjutkan dengan memasukan bawang putih dan bawang Bombay.

Lalu masukkan daging dan aduk terus menerus.

Tuangkan kecap manis dan tambahkan saos Teriyaki.

Aduk terus dan biarkan adonan ini mendidih tanpa ditambahkan air

Tutup wajan agar uap air bisa membuat adonan daging cepat empuk.

Beri Royko dan garam secukupnya. Test rasa dan lunaknya di lidah sendiri.

Tutup kembali panci dan didiamkan .

Setelah dagingnya empuk dan menyatu dengan bumbu-bumbunya tes rasa..

Terakhir masukkan daun bawang dan lda hitam yang sudah dihaluskan dan terus aduk.

Kemudian setelah semua menyatu, masakan selesai dan tuangkan pada tempat atau piring saji.

Masakan kelar, dilanjutkan dengan pembuatan video proses pengolahannya.

Tugas utamanya Si neng mengedit semua video dan akhirnya pun selesai.

Selamat makan.... Besok di sekolah....

Solok, 20 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasan kulinernya, Bunda. Salam literasi

20 Nov
Balas

Terima kasih Pak Dede. Salam literasi kembali...

20 Nov



search

New Post