Rani Chaerani JEMPOL

Siapa Inspirator Guru JEMPOL? Inspirator Guru JEMPOL . Branding yang digunakan ol...

Selengkapnya
Navigasi Web
Media Pembelajaran BUKAN  alat evaluasi (Day 4th)

Media Pembelajaran BUKAN alat evaluasi (Day 4th)

Dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada para siswa agar pesan (materi) tersampaikan dengan baik. Siswa paham dengan penjelasan guru. guru bisa menggunakan media agar siswa memahami materi yang disampaikan

 

Guru harus sekuat tenaga, jiwa dan punya ide cemerlang bagaimana pesan itu sampai dengan baik. Sehingga berpengaruh kepada hasil belajar. Hasil belajar itu meliputi  tiga ranah, pengetahuannya, sikapnya dan keterampilannya. Untuk mengetahui apakah siswa itu sudah memahami apa yang kita sampaikan, berapa persen daya serap siswa terhadap materi pelajaran, amka diperlukan adanya alat evaluasi.

 

Nah..dengan itu guru harus paham apa bedanya anatara media pembelajaran dengan alat evaluasi.

 

Media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi (Falahudin, 2014). Media pembelajaran secara keseluruhan adalah suatu alat maupun bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber belajar.

 

Media pembelajaran menurut (Surayya, 2012) yaitu alat yang mampu membantu proses belajar mengajar serta berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.

 

Media pembelajaran bisa digital maupun non digital

 

Jelas yaa media pembelajaran itu bukan alat untuk mengkonfirmasi apakah siswa sudah faham atau belum, bukan pula alat untuk mengukur keberhasilan dalam proses.

 

Alat Evaluasi apa dong?

 

Zainal Arifin mengemukakan alat evaluasi hasil belajar adalah serangkaian alat yang digunakan untuk melakukan proses evaluasi hasil belajar. Alat evaluasi yang digunakan meliputi alat ukur beserta kunci jawaban dan pedoman penskorannya.

 

Mas Mentri  menyebut alat evaluasi  itu  dengan asesmen. Asesmen dapat dilakukan dalam proses pembelajaran maupun diakhir pembelajaran tetapi bukan dinyatakan sebagai media pembelajaran.

 

Alat evaluasi bisa berupa kuis, permainan, jawab singkat atau tes tulis.

 

Jadi jelas ya bahwa Media Pembelajaran itu bukan alat evaluasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post