Rani Yuliana

Kelahiran kota Tegal_ tinggal di Bekasi_ sebagai Guru SDIT Nur Al Barkah_ Cibarusah Kab. Bekasi. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Meracuni siswa dengan Literasi

Belakangan ini sedang viral di dunia pendidikan tentang Literasi. Namun pastikan literasi itu bukan hal yang dapat membunuh kreativitas apapun dalam kemampuan seseorang. Karna literasi dapat menambah wawasan pada diri seseorang. Tentunya tidak mudah ketika kita terapkan di sekolah. Sejauh ini siswa enggan menoleh ke arah mading, bahkan jarang sekali hasil karya siswa menempel di mading. Mungkin mading adalah salah satu media awal untuk siswa berkarya. Entah dengan menampilkan gambar atau tulisan yang di pampang di mading. Namun tak semudah itu, ketika minat baca siswa hanya terhenti ketika ingin beimajinasi namun di sekolah tersebut tidak adanya wadah untuk menampungnya.

Meracuni siswa dengan literasi tentu tak semudah membalikkan sebuah tangan. Setiap hari siswa haruslah di beri cekokan literasi melalui pembelajaran, baik membaca, menulis kesimpulan cerita, bahkan hingga membuat cerita pengalaman. Karna itu adalah awal supaya siswa perlahan mulai terbius dengan literasi. Sesekali dalam pembelajaran kita ajarkan mereka berimajinasi dengan menulis puisi. Dan berikan satu penelitian untuk meneliti layaknya penulis karya ilmiyah. Serta melaporkan kegiatan di sekitar lingkungan sekolah dengan laporan terulis. Tentunya itu juga merupakan awal bagi siswa untuk belajar mencintai literasi.

Setelah siswa teracuni literasi, baru kita gali potensi literasinya dengan mengarahkan siswa untuk berekspresi apapun yang mereka mau. Mungkin dapat di buatkan pohon literasi, sebagai penyemangat siswa. Karna siswa perlu penghargaan, apapun itu yang siswa lakukan. Maka berilah dia penghargaan, supaya lebih bersemangat dalam mencintai literasi.

Meracuni siswa dengan literasi, perlu kerja keras. Baik menyediakan fasilitas di sekolah berupa perpustakaan ataupun taman baca. Dari membaca dan menulis, perlahan siswa mulai mencitai literasi. Dan ketika siswa sudah teracuni literasi, maka dengan sendirinya mereka akan lebih maju. Maju dalam berwawasan luas, maju dalam berimajinasi tinggi dan maju dalam berprestasi.

@salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju bu guru. Biar mereka "sakaw" dengan efek yang ditebar oleh racun literasi. Sehingga mereka akan mencari "buku" sebagai obat penenangnya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

21 Oct
Balas

Setuji bunda, butuh perjuangan lebih. Barakallah

21 Oct
Balas

Terimakasih bunda,, tentunya dengan semangat

21 Oct
Balas



search

New Post