Ranny Ristianingsih

Ranny Ristianingsih. Lahir di Cianjur, pada tanggal 3 Agustus 1992. Ranny lulus program Sarjana di Universitas Suryakancana Cianjur program studi Pendidikan Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
SKINCARE, PENTING GAK, SIH? (Tantangan Menulis Hari Ke-5)
Dokumentasi pribadi

SKINCARE, PENTING GAK, SIH? (Tantangan Menulis Hari Ke-5)

SKINCARE, PENTING GAK, SIH?

Memiliki kulit yang bersih dan sehat tentu saja menjadi impian setiap orang, baik itu wanita maupun pria, tua ataupun muda. Namun, apakah kulit yang bersih dan sehat akan datang dengan sendirinya? Tentu saja jawabannya tidak.

Sahabat, kebanyakan orang berpikir bahwa perawatan kulit khususnya wajah merupakan hal yang rumit. Karena itu, banyak orang malas merawat kulit mereka. Tak jarang seseorang mengalami masalah kulit karena meninggalkan perawatan tersebut. Masalah itu antara lain: jerawat, kulit kusam, flek hitam, dan kerutan.

Memang, banyak faktor yang menyebabkan masalah kulit terjadi, seperti faktor bertambahnya usia, genetik, makanan yang kurang sehat, dan kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Namun, sebenarnya masalah-masalah pada kulit dapat diantisipasi sejak dini, yaitu dengan cara menghindari penyebab di atas.

Salah satu penyebab terjadinya masalah pada kulit, yaitu kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Seperti yang disinggung tadi, pasal merawat kulit dianggap sesuatu yang rumit dan mahal. Bayangkan, kita harus menggunakan sabun pencuci wajah, serum, macam-macam krim, dan berbagai produk lainnya yang harganya selangit. Sedangkan, orang-orang cenderung ingin sesuatu yang simpel dan nyaman di kantong. Namun, benarkah demikian?

Sahabat, sebenarnya segalanya bergantung kepada cara pandang Sahabat. Apakah Sahabat memandang perawatan kulit sebagai kebutuhan, kegiatan tambahan atau gaya hidup? Coba saja kita bandingkan dengan perawatan gigi atau rambut. Gigi kita digunakan setiap hari, kan, ya? Hihihi. Setiap hari kita menggosok gigi pagi dan malam, karena kita membutuhkan gigi yang bersih dan sehat, bukan? Bayangkan, kalau kita malas menggosok gigi! Uppss..!

Begitu pula dengan kulit. Sehari-hari kita beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah. Selama seharian kotoran, debu, dan minyak menempel di wajah kita. Kotoran, debu, dan minyak inilah yang menjadi awal dari berbagai masalah kulit tadi. Jika tidak segera dibersihkan, ketiga hal tersebut akan menumpuk di kulit wajah kita, lalu menghalangi regenerasi sel kulit kita. Karena itulah muncul jerawat, wajah kusam, flek hitam, dan kerutan.

Cara merawat kulit wajah sebenarnya tidaklah sulit atau rumit. Setiap pagi dan malam, Anda hanya perlu mencuci wajah Anda dengan sabun pencuci khusus wajah. Jangan lupa untuk menyesuaikan produk dengan jenis kulit wajah Anda, ya, Sahabat, apakah normal, kering, berminyak, atau sensitif. Perhatikan pula cara mencuci wajah yang baik dan benar. Jangan menggosok wajah Anda dengan kasar, melainkan pijatlah dengan lembut.

Setelah bersih dari kotoran, mulailah menggunakan tabir surya atau krim siang di pagi hari. Hal ini untuk menjaga wajah Anda dari paparan sinar UV yang dapat merusak sel-sel kulit Anda. Di malam hari gunakanlah krim malam sebelum tidur, gunanya untuk memberikan nutrisi bagi kulit Anda karena saat kita tidur malamlah sel-sel kulit beregenerasi. Ini adalah rangkaian paling mudah dan sederhana dalam merawat kesehatan kulit.

Jadi, Sahabat, masihkah Anda berpikir skincare itu ribet dan mahal? Jangan sampai menyesal di kemudian hari, lho. Sejatinya, kulit dan seluruh tubuh ini adalah titipan Yang Mahakuasa, yang perlu kita jaga dan rawat semampu kita. Yuk, jangan malas cuci muka!

(Terinspirasi dari seorang Sahabat berkulit sehat dan terawat, Nita namanya. ^_^)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih, mbak Fifit..

18 Mar
Balas



search

New Post