Rasmah Radi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGANTUK

MENGANTUK

MENGANTUK

Apakah anda sering mengantuk??? Jika “YA” baguslah karena itu adalah Sunnatullah.

Tetapi Mengantuk yang bagaimana dahulu, Mengantuk pada waktunya itulah yang terbaik. Misalnya Mengantuk pada jam-jam yang memang sudah waktunya untuk beristirahat. Bukan di waktu yang sedang produktif. Karena Waktu seperti ini waspadalah kemungkinan ada penyakit tertentu atau memang akibat begadang ataukah ada sebab yang menyebabkan durasi tidur anda terganggu.

Menurut KKBI Online “ Mengantuk” berasal dari kata dasar “kantuk” yang artinya mempunyai rasa ingin tidur.

Jika kita sering mengantuk di pagi hari kemungkinan ada beberapa penyakit yang dihadapi, diantaranya:

Gangguan tidur, seperti sulit tidur (insomnia), masalah pernapasan saat tidur (sleep apnea), gangguan saraf yang memicu kantuk berlebih di siang hari (narkolepsi), masalah saraf yang membuat kaki bergerak-gerak termasuk saat tidur (sindrom kaki gelisah) Kekurangan zat besi dalam darah (anemia) Penyakit tiroid Sindrom kelelahan kronis Penyakit jantung, terutama gagal jantung Rasa nyeri di sekujur tubuh yang menjalar pada otot (fibromyalgia) Gangguan psikologis, seperti stres dan depresi Penyakit kencing manis (diabetes mellitus) Infeksi bakteri atau virus Masalah pernapasan Penyakit ginjal Gangguan kronis pada sendi (rheumatoid arthritis) Intoleransi atau alergi pada makanan tertentu Penyakit asam lambung

Bagaimana untuk menghindari mengantuk di pagi hari atau pada jam-jam yang produktif. Ada beberapa trik yang mungkin bisa diperhatikan diantaranya :

Jauhi paparan layar gadget atau televisi setidaknya satu jam sebelum tidur Pastikan suasana tidur yang nyaman, misalnya dengan cahaya temaram, tanpa suara berisik, dan aroma terapi Rapikan kamar sebelum tidur Berolahraga rutin setiap hari Tidak minum minuman yang mengandung kafein atau alkohol beberapa jam sebelum tidur Hindari begadang, pastikan tidur 7-8 jam tiap hari Jika memakai alarm, jangan tunda untuk bangun saat alarm sudah bunyi agar siklus tidur tak terganggu

Jika ada penyakit tertentu yang diduga menjadi penyebab mengantuk di pagi hari, dokter akan berfokus pada pengobatan penyakit tersebut. Namun bila tidak, langkah yang umumnya disarankan agar tubuh terasa segar ketika bangun di pagi hari antara lain:

Makan makanan dengan karbohidrat kompleks saat sarapan Mencuci muka dengan air biasa setelah bangun Meregangkan tubuh atau olahraga ringan di pagi hari Bikin jadwal reguler untuk tidur tiap malam Pastikan ada ruang bagi cahaya matahari untuk masuk ke kamar saat pagi Berlatih meditasi atau yoga tiap pagi Dengarkan musik favorit setelah bangun

Nah, beberapa trik bisa dilakukan untuk hal mengantuk ini seperti paparan diatas, namun menurut hemat saya lebih baik kita kembalikan atau mencontohi bagaimana gaya Rasulullah tidur.

7 kebiasaan tidur sehat ala Rasulullah SAW yang bisa diteladani:

Posisi Tidur Miring ke Kanan. Meletakkan Tangan di Bawah Pipi. Meniupkan Kedua Tangan dan Membaca Doa. Tidak Tidur Sebelum Isya. Tidur pada Awal Malam dan Bangun pada Akhir Malam. Tidur Hanya Beralas Tikar. Tidak Menyukai Tidur Tengkurap.

Pola tidur yang sehat berarti memiliki waktu tidur teratur setiap harinya. Artinya, seseorang harus tidur dan bangun pada waktu yang sama, agar jam biologis tubuh menjadi stabil.

Islam telah mengatur segala perkara termasuk waktu tidur yang baik untuk kesehatan. Waktu tidur dijelaskan dalam Alquran surat Al Qashahas ayat 73, yang berbunyi:

وَمِنْ رَّحْمَتِهٖ جَعَلَ لَكُمُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوْا فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: Dan adalah karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, agar kamu beristirahat pada malam hari dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

Ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa waktu malam digunakan untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Sedangkan waktu siang digunakan untuk mencari rezeki.

Nah, semoga bermanfa’at. Selamat Beristirahat.

#Tagur 4

Sawerigading 21/2/23

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post