Rasmah Radi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SIRSAK

SIRSAK

SIRSAK

Malam ini ingin rasanya minum Jus, padahal didalam almari pendingin masih ada buah Naga satu lagi yang beberapa hari lalu dikasih sepupu. Kebetulan blendernya, dipinjam adekku kemarin, yah jadilah pesan satu jus Sirsak malam ini hehehe.

Akhirnya Jus Sirsaknya dieksekusi, karena agak kenyang sehingga Jusnya tidak sampai habis kuminum, untung ada anakku yang menghabiskannya.

Beberapa menit kemudian, akupun tertidur karena memang ngantuk yang luar biasa menyerang mungkin karena pengaruh badan yang kurang fit beberapa hari ini. Mau ke Dokter, aduh…yah sudahlah...pantas tidak jadi Dokter hehehe.

Anakku membangunkanku agar pindah ke kamar tidurnya karena kebetulan tadi tertidur disofa bed ruang tamu. “Alhamadulillah, masih bisa menulis”, gumamku setalah kuliat jam dinding diarea ruang tamu ini dan Alhamdulillah perutku rasa sakitnya juga agak hilang, benarkah ini berkat Jus Sirsak yang kuminum sebelum tidur tadi??

Kalau begitu ada baiknya kita mencari tahu khasiat apa yang terkandung dalam buah Sirsak ini, Yuuk disimak.

Buah Sirsak menurut Wikipedia Bahasa Indonesia yaitu bahwa Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda[2] (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berbunga yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkèlan, nangka ènglan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau),durian belanda (Malaysia), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.[3]

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Sirsak bisa juga digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk kesehatan dan penyakit. Buah ini memiliki rasa yang kuat seperti nanas atau stroberi. Sirsak bisa dipotong menjadi dua dan dimakan langsung. Berikut manfaat buah sirsak untuk kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi Buah sirsak baik untuk kesehatan kulit, karena mengandung antioksidan tinggi. Senyawa ini bisa menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Beberapa penelitian menemukan kalau antioksidan juga dapat menyembuhkan penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Kandungan vitamin C pada buah sirsak bisa dipakai perawatan kulit, termasuk mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mencegah peradangan pada kulit.

2. Dapat Membunuh Sel Kanker Mengutip Healthline.com, beberapa penelitian menemukan sirsak berpotensi menghilangkan sel kanker. Salah satu penelitian menemukan, reaksi sel kanker payudara terhadap ekstrak buah sirsak. Hasil penelitian menarik, karena ekstrak bisa mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker, dan meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh. Penelitian lain menemukan ekstrak sirsak juga bisa menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel leukemia. Namun, itu membutuhkan reaksi dan dosis ekstrak sirsak yang kuat. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mengetahui efek langsung terhadap pengaruh sel kanker manusia.

3. Melawan Bakteri Beberapa penelitian menemukan ekstrak sirsak mengandung antioksidan yang bisa membunuh bakteri. Ekstrak sirsak bisa mengurangi infeksi bakteri kolera dan staphylococcus (bakteri yang menyerang hidung dan kulit pada manusia). Penelitian lain menemukan ekstrak sirsak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bakteri penyebab penyakit mulut.

4. Mengurangi Peradangan Peradangan adalah respon imun normal terhadap cedera dan mencegah peradangan kronis pada penyakit tertentu. Penelitian dilakukan terhadap tikus percobaan yang diobati dengan ekstrak sirsak.

Studi lain menemukan ekstrak sirsak bisa mengurangi pembengkakan pada tikus sampai 37%. Sirsak memiliki kandungan inflamasi yang bisa mengobati radang sendi.

Kadar dalam ekstrak buah ini bisa menurunkan radang sendi pada tulang.

5. Menstabilkan Gula Darah Salah satu penelitian, menemukan ekstrak sirsak bisa mengurangi kadar gula darah sebanyak 75% pada tikus. Tetapi itu masih perlu dibuktikan dengan penelitian lain pada manusia, terkait efektifitas manfaat buah sirsak terhadap manusia untuk mengobati diabetes. Sirsak juga bisa digunakan untuk diet dan gaya hidup sehat.

6. Pencernaan Sehat Sirsak mengandung 83% asupan serat harian yang direkomendasikan. Serat bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan seperti susah buang air besar.

7. Memperbaiki Kesehatan Kulit. Bagian daun sirsak ternyata bisa dipakai untuk pengobatan tradisional. Daun ini bisa mengobati kondisi kulit abses. Mengutip dari alodokter.com, abses merupakan reaksi alami tubuh. Hal ini terjadi karena perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi yang bisa menyerang jaringan tertentu. Perlawanan sistem kekebalan tubuh diwakili oleh sel darah putih. Sel ini akan bergerak melalui dinding pembuluh darah, kemudian berkumpul di jaringan yang mengalami kerusakan. Kandungan anti inflamasi pada daun sirsak bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian menemukan luka dan peradangan di kulit bisa disembuhkan dengan rebusan daun sirsak.

8. Meningkatkan Kesehatan Minuman dari rebusan daun sirsak dinilai bisa memerangi beberapa penyakit, seperti batuk, mual, dan infeksi parasit. Rebusan daun sirsak bisa mengurangi berat badan dan stres.

Di Indonesia, buah ini banyak ditemukan di pasar dan toko buah. Anda bisa memakannya secara langsung dengan cara dipotong menjadi dua bagian, atau membuat jus sirsak dengan campuran buah-buahan lain. Anda bisa memilih buah sirsak yang berkualitas dari segi ukuran dan kematangan. Pilihlah buah yang lunak atau biarkan beberapa hari sebelum dimakan langsung.

Taruh di kulkas supaya buah tetap segar untuk dikonsumsi selama beberapa hari. Anda bisa memotong, mengeluarkan daging dari kulit, dan menikmatinya. Hilangkan biji sirsak yang mengandung annonacin dan neurotoksin.

Biji buah sirsak juga bisa menyumbangkan penyakit parkinson. Penyakit saraf ini bisa memengaruhi otak dan menyebabkan penderita kesulitan mengatur gerak tubuh seperti menulis, bicara, dan berjalan.

Membuat Jus Sirsak Sirsak segar akan semakin nikmat dikonsumsi ketika siang hari atau saat cuaca panas. Salah satu minuman segar sehat adalah jus dari buah sirsak.

Cara membuat jus buah sirsak yaitu:

1. Cuci bersih buah sirsak, potong, lalu kupas kulit luarnya

2. Sediakan wadah untuk memisahkan daging buah dan bijinya

3. Setelah dipisahkan dari kulit, sediakan blender, sedikit gula atau tanpa gula

4. Blender buah sirsak bersama dengan es sampai encer selama beberapa menit

5. Setelah itu, keluarkan isi jus ke dalam gelas

6. Anda juga bisa membuat jus sirsak tanpa blender. Caranya, berikan penyaring di atas wadah. Peras daging sirsak dengan tangan selama 5 menit. Tunggu hingga bagian bawah penyaring menyisakan banyak air, setelah itu buang ampas sirsak.

7. Anda bisa menambahkan perasa seperti 1 potong jeruk nipis atau lemon. Bisa juga menambahkan vanili, pala, dan garam sebagai penambah rasa Disadur kembali dari :"8 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit" Penulis: Dwi Latifatul Fajri

Semoga bermanfaat.

Palopo. 16/01/23

#Tagur 15

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya suka buah sirsat buat campuran es buah. Rasanya nendang banget.

17 Jan
Balas

hehehe.. emg enak bgt bu, nendangx smpe ke perut hahaha

18 Jan



search

New Post