Ratih Handayaningrat

Saya Ratih Handayaningrat, pengajar pada SMPN 1 Baros kab Serang, Banten, berdomisili di Pandeglang, Banten. Pernah mengikuti kegiatan Sagusabu Banten I. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

CANTIK

Pernah suatu hari  sepulang sekolah, seangkot dengan banyak wanita cantik masih muda-muda dan kinyis-kinyis. Mungkin inilah yang disebut dengan wanita cantik. Mereka bertiga duduk di depanku. Tetapi mereka bukan bersaudara, karena sepanjang perjalanan turun satu per satu. Pandanganku tidak mau berhenti menatap deretan wanita cantik tersebut. Cantik alami bukan artifisial alias hasil rekayasa make up. Sampai aku berpikir, orang tua mereka makan apa ya sampai punya anak cantik-cantik seperti itu? 

Berbicara tentang cantik, banyak yang dilakukan kaum hawa untuk cantik. Karena cantik adalah salah satu kebutuhan bagi kaum hawa, akibatnya banyak kaum hawa memiliki beragam persepsi dan aksi. Dari yang logis sampai yang tidak realistis. Dari yang bersikap rendah hati dengan kecantikannya, hingga yang ingin eksis dan menampilkan kecantikannya. Dari yang menggunakan resep tradisional hingga yang menggunakan teknologi modern. Bahkan banyak juga yang aksinya berlebihan. Hingga akhirnya merugikan dirinya sendiri secara permanen. Tetapi inilah dinamika usaha untuk tetap cantik atau kelihatan cantik.  Tepatnya, awet cantik.

By the way, cantik itu apa sih definisinya? Apakah indikatornya? Apakah cantik itu identik dengan paras yang elok dan rupawan? Pada setiap negara di dunia, definisi cantik akan berbeda. Pada wanita suku Dayak di Kalimantan, cantik itu jika lubang anting di kupingnya semakin memanjang. Sementara itu sebagian wanita India, cantik itu jika menggunakan lukisan hena pada seluruh bagian tubuhnya. Pada wanita daratan Amerika Serikat, cantik itu jika warna kulitnya menjadi gelap akibat sering berjemur matahari (tanning). Bagi sebagian besar wanita Asia, cantik itu jika memiliki kulit lebih putih. Bagi wanita Bagobo, Mindanau, Pilifina, cantik itu jika memiliki gigi depan yang runcing. dan masih banyak lagi definisi cantik, yang terkadang tidak bisa diterima akal sehat.  

Ada selebrita tanah air yang berpendapat, cantik itu jika percaya diri. Karena percaya diri, maka pada wanita tersebut akan muncul aura cantiknya. Menjaga dan merawat diri adalah salah satu cara menuju cantik. Seorang psikolog berpendapat bahwa cantik itu merupakan paket komplet, terdiri atas mind, body and soul. Mind berarti pemikiran yang percaya diri. Body berarti rajin merawat fisik. Soul berarti perilaku santun dan ramah alias humble. Seorang Dewi Sandra berpendapat bahwa : Cantik itu berasal dari hati yang cantik, ucapannya sesuai dengan tingkah lakunya, dan kepintaran otaknya sesuai dengan cara berbicaranya kepada orang lain.  Dan masih banyak lagi definisi cantik lainnya. So that, apakah anda merasa cantik? Aku sih, yes tapi sedikit! 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post