Ratih Handayaningrat

Saya Ratih Handayaningrat, pengajar pada SMPN 1 Baros kab Serang, Banten, berdomisili di Pandeglang, Banten. Pernah mengikuti kegiatan Sagusabu Banten I. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

CAPUNG (Sunda papatong)

“Tong tong papatong....indung dia gagandongan!” Begitu kalimat yang diucapkan berulang-ulang saat berusaha menangkap capung (Sunda = papatong). Inilah sebagian keriangan masa bocah, usia SD di kampung. Jangan tanya, sudah tinggal di kota? Masih tinggal di kampung yang sama dengan nuansa yang sudah berbeda. Sawah dan huma masih ada, tetapi sudah jarang melihat capung banyak beterbangan.. Apakah ini penyebab terlalu masifnya penggunan bahan kimia dalam pengolahan tanah? Entahlah. Apakah harus ke Bantimurung ya untuk menikmati kembali sensasi melihat banyaknya capung beterbangan?

Keseruan menangkap capung jangan ditanya lagi. Beragam alasan beradu banyak menangkap capung. Pernahkah anda menyantap daging capung panggang? Sungguh keterlaluan kalau mengingatnya. Masa kecil sebagai wong ndeso, menyantap daging capung yang sudah dipanggang seolah tambahan protein gratis. Lagi dan lagi. Soal rasa ya seperti rasa udang goreng. Ah, capung kecil yang teraniaya. Jika sekarang seperti demikian, sangat nyata “speechless.” Walau bocah kampung masih tetap banyak, tetapi mereka sudah jadi bocah milenia. Ketertarikan mereka tidak lagi dengan dinamika seru kisah capung di mata bocah. Sungguh sudah beda zaman. Orang dewasa pun yang bernostalgia dengan cerita capung, hanya ada dalam lagu daerah masing-masing. Seperti dalam lagu Sunda, Jawa Barat, ada lagu yang berjudul “papatong koneng eunteup dina regang.” Masihkah dapat diilihat dengan mudah “Capung kuning hinggap di atas ranting?”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post