Ratih dwi nugrahaeny sanery SPd

Berau Kalimantan Timur dengan sebutan Kota Sanggam/Batiwakkal.Di tempat inilah saya di lahirkan,menetap dan mengabdi di SMPN 3 Tanjung Redeb.Buku pertama saya d...

Selengkapnya
Navigasi Web
DIKLAT PKB BERBASIS PESERTA DIDIK

DIKLAT PKB BERBASIS PESERTA DIDIK

Catatan di 2 Pelatihan Daring

Melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Berau dilaksanakan kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Berbasis Peserta Didik bagi guru Mapel Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia SMP Moda Daring. Menghadirkan Instruktur dari P4Tk Jakarta Indri dan Riri. Peserta kegiatan berjumlah 40 orang di bagi menjadi 2 kelas. Kegiatan ini di buka oleh Bihamdi, Kabid P4TK. Laki laki yang berlatar belakang jurusan Bahasa Indonesia sangat antusias “ Guru hendaknya membuat inovasi baru, sehingga tidak monoton dalam memberikan materi pelajaran” Kegiatan ini akan berlangsung sejak Sabtu 7 November sampai Rabu 11 November 2020. Melalui email masing masing peserta, Instruktur dari P4Tk Jakarta membuat Google Classroom.

Melalui GC peserta mendapatkan materi pertama tentang Literasi Sekolah dan Konsep Pembelajaran HOTs. Interaksi melalui WAG dan diskusi melalui GC. Masing masing peserta menuliskan apa saja literasi sekolah yang sudah di laksanakan. Kemudian IN akan memberikan feedback sehingga peserta dapat lebih meningkatkan literasi sekolah menjadi lebih baik.

Materi literasi di ikuti dengan membuat tugas resume tentang apa yang sudah di baca. Melalui kegiatan Pelatihan ini peserta akan lebih meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah. Tujuan khususnya adalah memfasilitasi guru untuk mencapai standar kompetensi yang telah di tetapkan. Menurut Wikipedia PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan bertahap dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya.

Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas sebenarnya sudah di atur dalam Pasal 10 ayat 1 Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Mengamanatkan bahwa Guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Keempat kompetensi bersifat holistik dan merupakan suatu kesatuan yang menjadi ciri Guru Profesional.

Menjadikan sosok yang profesional tentunya banyak usaha yang dilakukan. Terus semangat, tetap sehat dan salam Literasi !

Batiwakkal City,7 November 2020

Tantangan Menulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bun, sukses selalu. Salam.

08 Nov
Balas

Mantap, Bunda. Semoga sukses selalu.

08 Nov
Balas

Tingkatkan kreatifitasnya bu.semangat

08 Nov
Balas

Mantap bu, berbagai kegiatan diikuti. Sukses trus ya bu

13 Nov
Balas

Mantaapppp.....lanjutkan

07 Nov
Balas

Mantap kegiatan dan tulisannya.... Salam literasi

08 Nov
Balas



search

New Post