Ratnadewi vera

Seorang Istri dan ibu rumah tangga yang memiliki dua orang putra. Berdomisili di Medan. Berdarah minang asli tetapi lahir dan besar di Sumatra Utara. "Kecemplun...

Selengkapnya
Navigasi Web
FILOSOFI KAKTUS  #tantangangurusiana hari ke-19

FILOSOFI KAKTUS #tantangangurusiana hari ke-19

Bagi pencinta tanaman kaktus tentunya memiliki keasyikan tersendiri dalam memeliharanya. Apalagi tipe pecinta tanaman yang malas repot alias beli, pajang, lupakan (nggak se-ekstrim itu sih). Namun memang demikian karakter dari tanaman ini karena tak perlu diperhatikan setiap hari. Terdapat filosofi hidup yang dapat kita pelajari dari tanaman kaktus ini. Berikut beberapa contohnya.

1. Tangguh, tanaman ini bisa hidup tanpa air dalam beberapa minggu. Bahkan jika terlalu sering disiram dan di beri pupuk justru ia akan rusak dan mati. Bisa diambil pelajaran bahwa hidup jangan terlalu manja dan harus tetap bertahan meski dalam keadaan sulit.

2. Punya pertahanan diri, sebagaimana diketahui tanaman kaktus memiliki duri halus dan tajam untuk dipakai sebagai pelindung bagi batangnya yang lembut. Begitupun sebagai manusia juga harus memiliki pertahanan diri yang kuat. Misalnya belajar bela diri atau membekali diri dengan ilmu pengetahuan agar tidak mudah diperdaya.

3. Sangar namun memberikan manfaat, ada beragam jenis tanaman kaktus dengan bentuk yang cantik dan unik namun tetap dilapisi dengan duri. Dari duri yang halus seperti kapas sampai yang keras dan tajam. Namun setiap bentuk memiliki fungsinya misalnya kaktus berduri halus seperti kapas bisa menyerap debu udara kotor yang menyebabkan alergi bagi manusia yang rentan terhadap debu. Kaktus juga dipercaya dapat menetralisir radiasi elektro magnetik sehingga baik jika diletakkan didekat komputer ataupun televisi. Juga baik bila diletakkan di kamar tidur karena menghasilkan oksigen pada malam hari.

4. Sabar, kaktus mengajarkan kesabaran bagi pemiliknya. Sabar yang dimaksud adalah sang pemilik tak akan berharap kalau kaktusnya akan berbunga dengan cepat karena dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi sebatang kaktus untuk berbunga. Bahkan beberapa jenis tanaman ini tak bisa berbunga sama sekali. Dengan kata lain hikmah kesabaran dari tanaman kaktus adalah tak harus mengharapkan hasil untuk tetap hidup bermanfaat bagi orang lain.

Mungkin masih banyak lagi filosofi yang bisa diambil sebagai pelajaran dari tanaman kaktus ataupun tanaman lainnya, tinggal bagaimana kita menyikapi dan mengambil pelajaran dari apa yang kita temui di muka bumi ini. Teruslah berpikir positif dan bermanfaat bagi orang lain.

Wallahu A'lam Bishawab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mungkin artinya dia sedang melindungi dirinya. Hehe..

10 Feb
Balas

Aku pernah tertusuk durinya. Apakah itu artinya dia tak mau bersahabat denganku?

10 Feb
Balas



search

New Post