RATNAJUITA.SP

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Diagnosis mendengkur

Diagnosis mendengkur

Tagur ke-153

Diagnosis Mendengkur

Kemaren malam kita sudah memaparkan sebab terjadinya mendengkur menurut di dr. Tjin Willy di hallo dokter . Sekarang kita lihat lanjutkan dengan ulasan beliuan tentang dianogsis mendengkur.

Umumnya seseorang tidak menyadari bahwa dirinya mendengkur, sampai diberitahu oleh pasangan yang tidur satu ranjang atau keluarga yang satu rumah dengannya. Mendengkur dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan, terutama jika disertai:

Sulit bangun tidur di pagi hari. Merasa kurang tidur. Mengantuk di siang hari. Tertidur saat beraktivitas, misalnya saat rapat atau bahkan saat berkendara.

Napas terhenti, terengah-engah, atau tungkai sering menyentak saat tidur juga dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan.Bila Anda merasakan keluhan di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, dan jangan lupa untuk mengajak orang yang sering mendengar Anda mendengkur agar dokter bisa mendapatkan informasi yang lebih detail.

Dalam proses diagnosis, langkah awal yang dilakukan dokter adalah menanyakan secara rinci gejala dan penyakit yang pernah diderita pasien sebelumnya. Dokter juga akan mengajukan pertanyaan terkait pola tidur, kebersihan tempat tidur, berapa kali pasien terbangun saat malam, rasa kantuk yang muncul di siang hari, hingga lamanya waktu tidur siang.

dokter akan mengukur indeks masa tubuh pasien untuk melihat apakah berat badan pasien ideal. Dokter juga akan menjalankan sebuah tes yang disebut polisomnografi, untuk melihat apakah mendengkur mengganggu kualitas tidur pasien dan merupakan tanda adanya masalah kesehatan.

Dalam pemeriksaan polisomnografi, dokter akan melakukan pengamatan terhadap kondisi pasien saat tidur. Alat sensor khusus akan dipasangkan ke tubuh pasien, untuk merekam gelombang otak, detak jantung, dan pergerakan bola mata pasien selama tidur, untuk kemudian dianalisis.

Setelah itu, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan pemindaian dengan foto Rontgen, CT scan, atau MRI. Tes ini akan menampilkan kondisi saluran pernapasan pasien, sehingga dokter dapat melihat apa yang menjadi penyebab pasien mendengkur. Namun kadang kala bagi kita masyarakat awam, mendengkur itu kita anggap hal yang biasa. Dan tidak pernah kita pikirkan..bersambung

Tanjung Pati, 26 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post