Ratna Juwita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
ADA APA DENGAN DISTRAKSI?

ADA APA DENGAN DISTRAKSI?

Pada sesi penutup dalam satu kelas penulisan buku, narasumber mengingatkan kepada peserta agar dapat menyelesaikan outline buku menjadi naskah. Dan pesannya jangan banyak distraksi.

Ini pertama kali saya mendengar istilah distraksi. mungkin karena saya yang jarang membaca ya?

Saya jadi penasaran. Lantas saya buka KBBI V di gawai. Saya ketik kata distraksi pada kolom pencarian. Namun saya tidak menemukannya. Kemudian saya googling di KBBI online. Dan saya tidak menemukannya. Apakah ini bukan Bahasa Indonesia?

Distraksi berasal dari bahasa Inggris distract. Menurut www.dictionary.com, distract as Verb (used with object) to draw away or divert, as the mind or attention. Yang artinya Kata kerja (digunakan dengan objek) untuk menarik atau megalihkan pikiran atau perhatian.

Saya kaitkan dengan pesan narasumber di atas. distraksi ini termasuk suatu hal yang harus dijauhi oleh penulis. Karena bersifat negatif.

Saya jadi ingat pengalaman saat menulis sebuah laporan kegiatan. Niatnya untuk mengatasi rasa jenuh sih, saya buka Buka gawai. Pertama saya buka WaG, ternyata banyak pesan yang masuk. saya penasaran akhirnya hampir semua pesan saya baca. Bahkan saya sempat membalas pesan, dan membuka video yang diposting teman. Akhirnya sudah lewat tengah malam laporan belum kelar.

Sekarang saya baru paham, inilah salah satu contoh distraksi. Pantaslah ada pendapat bahawa distraksi sebagai "musuh".Pengalih perhatian. Perusak fokus.

Ah jadi tambah penasaran ingin menulis hal ini lebih lanjut.

Karena waktu sudah hampir midnight, insyaalah lanjut besok ya. hehe.

2 Nopember 2020

#Tagurh-2

#Semangatbersinergi

#Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kejadian yang sering dialami. Mksh ilmunya dik.

03 Nov
Balas

Meski tulisan singkat, isinya sangat bernas, Bund. Sebab mengingatkan kita agar terhindar dari distraksi. Salam kenal. Izin memfollow yaa..

03 Nov
Balas

Terimakasih sudah berbagi ilmu bu. Barokallah

03 Nov
Balas

Mungkin saya sering kena Distraksi ini ya,makanya 3 kali sudah terjungkal. Keren bu Ratna ulasannya tambah lagi ilmu saya.Terima kasih. Sekakian saya follow ibu.

03 Nov
Balas



search

New Post