Razali, M Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hati dan lidah

Hati dan lidah merupakan organ pital tubuh yang tidak memiliki tulang serta memipunyai pranan yang luar biasa terhadap kemuliaan, keselamatan dan kebahagian srsrorang dunia dan akhirat. Oleh katena itu hendaklah kedua anggota tubuh tersebut idijadikan baik dengan selalu berzikir dan berucap dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT agar hidup ini jadi baik.

Dalam suatu riwayat dikisahkan salah seorang ahli hikmah lukmanul hakim sewaktu disuruh oleh majikannya untuk menjamu tamu kehormstannya dengan menyembelih seekor kambing dan menghidangkan daging yang terbaik darnya. Luqmanulhakim membeli seekor kambing dan menyembelihnya kemudian mengambil lidah dan hatinya untuk dimasak dan membuang seluruh danggingnya. Setelah dihidanglan majikannya beetanya kenapa engkau membuang seluruh dagingnya dan tidak memasakya kecuali daging dan lidahnya. Luqmanulhakim berkata tidak ada daging uang tetbaik yang dimiliki oleh kambing tersebut kecuali hati dan lidahnya.

Keesokan harinya majikannya menjamu tamu kehormatannya dengan menghidangkan daging yang terbaik darii kambing. Luqmanulhakim pergi ke pasar dan membeli seekor kambing kemudian mrnyembelihnya dan membuang hati dan lidahnya mengambil daging yang terbaik berupa semua dagingnya kemudian memasaknya. Srtelah dihidangkan luqmanulhakim keheran heranan dan berkata wahai luqmanulhakim kenapa ini engkau lakukan kemaren engkau hanya memasak hati dan lidahnua saja dan membuang seluruh dagingnya serta menghidangkannya pada tamuku, sekarang lain lagi egkau membuang hati dan lidahnya serta memasak semua dagingnya dan menghidangkannya pada tamuku. Luqman berkata karna engkau menyuruhku menghidangkan daging terbaik yang dimiliki oleh kambing tetsebut. Iitulah daging yang terbaik yang dimilikinya. Hal ini merupakan tamsilan dan hikmah manusia hati dan lidah sesrorang apabila baik baiklah semua orang dan apabila lidah dan hati seseorang tidak baik maka binasalah semua orang karenanya.

Oleh karema itu pandai pandailah menjaga hati dan lidah serta memanfaatkannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post